You are currently viewing HP Disadap? Berikut Ini Cara Mengetahuinya

HP Disadap? Berikut Ini Cara Mengetahuinya

Bagaimana kamu bisa tahu jika HP disadap? Suka atau tidak suka, sebagian besar dari kita sudah terbiasa dengan telepon kita yang dimata-matai.

Tetapi pihak lain dapat menyadap smartphone. Ini termasuk peretas, atasan, mantan mitra, atau bahkan pers. Mereka mungkin mendengarkan panggilan kamu, membaca dan mengirim pesan dan email, atau mengubah informasi di antarmuka. Tapi bagaimana kamu tahu jika ponsel disadap?

Inilah cara mengetahui apakah HP disadap.

1. Masalah Baterai

Sebelum IOS dan Android menjadi populer, masalah baterai adalah tanda adanya penyadapan telepon. Baterai panas tetap menjadi perhatian ketika datang ke smartphone.

Kamu mungkin sangat akrab dengan baterai yang terlalu panas. Bahkan mungkin pernah mengunjungi toko telepon dan mengeluh tentang masalah tersebut. Dalam kebanyakan kasus, kamu hanya akan diberi tahu bahwa itu standar untuk ponsel cerdas. Apple, misalnya, biasanya hanya khawatir jika perangkat Anda menjadi sangat panas, sehingga mati sendiri.

Mengapa ponsel cerdas kamu menjadi sangat panas? Menggunakan banyak aplikasi dan mengkonsumsi media akan membuat ponsel lebih hangat, meskipun ini tidak cukup untuk menyebabkan kerusakan. Menonton banyak video akan menghabiskan persentase baterai kamu lebih besar daripada mendengarkan lagu atau podcast, misalnya. Jadi ya, baterai kamu bisa menjadi masalah, terlepas dari apakah ponsel disadap atau tidak.

Meski demikian, baterai yang panas bisa menjadi tanda ponsel disadap. Perangkat lunak berbahaya dapat berjalan di latar belakang, memungkinkan orang lain untuk mendengarkan.

Curigalah jika ponsel kamu tidak mengisi daya.

Pantau ponsel kamu: ingat aplikasi mana yang telah gunakan dan bagaimana pengaruhnya terhadap baterai. Jika secara konsisten kehabisan baterai, meskipun kamu tidak sering menggunakannya, itu terlalu aneh untuk diabaikan. Handset lama tidak memiliki daya sebaik model yang lebih baru, jadi kamu perlu menghilangkan kemungkinan lain sebelum mencari tujuan jahat.

Suhu tinggi dan daya rendah tetap dapat menjadi indikasi perangkat lunak berbahaya. Kamu kemudian perlu mencari tanda-tanda lain ponsel disadap.

2. Peningkatan Penggunaan Data Seluler

Mengawasi tagihan telepon kamu dapat menghemat banyak uang. Tetapi itu juga dapat membantu kamu menemukan spyware.

Aplikasi yang tak terhitung jumlahnya menggunakan data dalam jumlah besar, terutama jika kamu tidak tersambung ke Wi-Fi publik gratis . Lebih buruk lagi jika membiarkan anak-anak menggunakan perangkat saat jauh dari rumah. Namun, kamu harus tahu kira-kira berapa banyak data yang gunakan setiap bulan.

Jika jumlah ini meningkat secara dramatis, kamu perlu mempersempit dengan tepat mengapa hal itu terjadi. Jika tidak dapat menemukan alasannya, mungkin ada pihak ketiga yang mencegat pesan kamu.

Perangkat lunak berbahaya menggunakan kuota data untuk mengirim informasi yang dikumpulkannya ke sumber luar. Itu berarti tidak hanya mengandalkan Wi-Fi rumah: yang tentunnya menghabiskan data dimanapun kamu berada.

3. Iklan dan Aplikasi yang Tidak Diinginkan

makanan cepat saji memeriksa telepon media sosial

Kamu dapat dengan mudah menjadi terlalu akrab dengan sistem operasi, yang berarti kamu melupakan separuh aplikasi di sana. Tetapi kamu harus tahu persis apa yang ada di ponsel, terutama aplikasi yang berjalan di latar belakang. Jika kamu belum menginstalnya, hal itu mungkin mungkin berbahaya.

Ponsel kamu tidak perlu di-jailbreak untuk mengunduh aplikasi palsu: misalnya, awalnya diyakini mengandung malware Trojan, tetapi sebenarnya adalah adware yang menampilkan iklan berbahaya kepada pengguna .

Adware dapat digunakan untuk mengumpulkan data dan membuka pintu belakang bagi peretas, mengundang penginstalan perangkat lunak penipuan lebih lanjut. Iklan ini bisa menjadi mengganggu untuk mendorong korban mengkliknya bahkan secara tidak sengaja, dan menghasilkan pendapatan berdasarkan bayar per klik.

Jangan lupa bahwa mengeklik tautan apa pun dapat menyebabkan lebih banyak malware.

Aplikasi tersebut telah dihapus oleh Apple, tetapi masih dapat bersembunyi di sistem yang sudah ketinggalan zaman dan menyajikan contoh yang solid dari aplikasi berbahaya yang lolos dari pemeriksaan resmi. Apple mengatakan telah menghapus lebih dari 60 juta ulasan aplikasi yang sebenarnya merupakan spam pada tahun 2020 saja, dan meskipun itu hal yang baik, perlu diperhatikan bahwa penyebaran ulasan palsu begitu luas.

Malware dapat menghasilkan banyak lalu lintas iklan, sehingga meningkatkan penggunaan data lebih lanjut.

4. Masalah Kinerja Umum

Semakin banyak data yang digunakan, semakin lambat perangkat kamu. Malware dapat memperoleh akses root ke ponsel cerdas atau mengelabui kamu agar mengunduh pembaruan sistem palsu untuk mendominasi sepenuhnya aktivitas. Informasi tentang korban kemudian dapat dikirim ke server eksternal peretas.

Pikirkan semua informasi yang dikirimkan dari perangk kamu, ini akan memperlambat perangkat kamu. Tetapi kamu akan mengalami kelambatan kinerja metode apa pun yang digunakan penjahat dunia maya untuk menyadap ponsel kamu.

Tentu saja, aplikasi nyata akan menghabiskan daya, tetapi seharusnya tidak terlalu memengaruhi waktu reaksi perangkat kamu.

Kamu dapat memeriksa aplikasi mana yang menggunakan RAM paling banyak. Di iOS, Anda hanya perlu membuka Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone . Di Android, klik Pengaturan > Aplikasi dan geser ke Menjalankan . Kamu mungkin akan melihat Foto dan Musik di dekat bagian atas daftar. Dari sini, dapat menilai penggunaan aplikasi dengan benar, dan memeriksa apa pun yang tidak benar.

5. Pesan Aneh Dapat Menandakan Penyadapan Telepon

Bagaimana tahu jika ponsel kamu disadap atau dimata-matai? Yaitu yang mungkin kamu anggap sebagai spam, gangguan, atau nomor yang salah dapat menjadi peringatan bahwa ada sesuatu yang salah.

SMS yang mencurigakan dapat mencakup serangkaian angka, karakter, dan simbol yang tampaknya acak, yang akan langsung membuat kamu merasa aneh tetapi mungkin tidak terlalu berbahaya.

Jangan abaikan pesan yang mencurigakan.

Penyebab yang paling mungkin adalah kesalahan dalam spyware yang digunakan oleh penjahat dunia maya. Jika belum terinstal dengan benar, pesan berkode akan muncul di kotak masuk yang seharusnya tidak diperhatikan. Kumpulan data acak ini adalah instruksi yang dikirim dari server peretas untuk mengutak-atik aplikasi penipuan. Alternatifnya, bisa jadi aplikasi tersebut mencoba menghubungi pembuatnya.

Demikian pula, jika ada keluarga atau teman yang mengatakan kamu mengirimi mereka teks atau email aneh, ponsel kamu mungkin disusupi. Ini bisa berarti ponsel kamu yang terinfeksi mencoba menginstal malware di perangkat orang di sekitar kamu.

Awasi aktivitas apa pun yang tidak Anda kenali. Lihat rantai perpesanan, profil media sosial, dan periksa folder terkirim dan kotak keluar kamu. Jika kamu tidak ingat mengirim sesuatu, curigalah.

6. Website Terlihat Berbeda

Tetap waspada bisa menyelamatkan kamu dari penipuan.

Ini adalah penipuan yang kita semua kenal, tetapi tidak ada yang sempurna. Kita semua melupakan nasihat, dan membuat kesalahan. Jika kesalahan itu adalah mengklik URL dalam teks atau email, itu bisa menghabiskan banyak uang.

Kamau bahkan tidak perlu dialihkan ke tautan penipuan melalui pesan. Jika ada aplikasi jahat di ponsel , itu dapat mengubah tampilan situs web yang sering kamu kunjungi.

Malware bertindak sebagai proxy, mencegat komunikasi antara kamu dan situs yang kamu coba kunjungi. Itu mungkin menyajikan halaman palsu kepada kamu, atau hanya melacak apa pun yang ketik.

Ini benar-benar menjadi masalah jika kamu menggunakan perbankan online atau apa pun yang memerlukan informasi pribadi. Itu bisa berupa kata sandi, detail keuangan, atau hanya Informasi Identifikasi Pribadi (PII), mata uang utama di Web Gelap.

Kamu mungkin tidak melihat adanya perbedaan, itu hanya bisa berupa perubahan kecil, seperti logo berpiksel dan jika kamu melihat sesuatu yang aneh, mungkin saja situs web tersebut sedang bereksperimen dengan antarmuka baru. Bandingkan versi seluler dengan yang ditampilkan di PC, mengingat tema responsif akan terlihat sedikit berbeda.

7. Gunakan Kode Forwarding Android Seperti *#21#

Ini hanya berfungsi pada ponsel yang menjalankan Android, tetapi ini adalah cara sempurna untuk mengetahui apakah ada data kamu yang diteruskan ke pihak ketiga. Kamu dapat menggunakan kode USSD rahasia untuk menjaga keamanan dan privasi.

Buka saja antarmuka keypad dan ketik *#21* , *#67# , atau *#62# lalu ketuk ikon panggil. Jika salah satu tidak berhasil, coba yang lain. Mereka berlaku untuk perangkat yang berbeda, tetapi ketiganya memiliki fungsi yang sama: mereka mengarahkan ke layar yang merinci Penerusan Panggilan.

Ini akan mencantumkan panggilan Suara, Data, SMS, Paket, PAD, dan banyak lagi. Idealnya, masing-masing harus mengatakan “Tidak diteruskan” sesudahnya. Jika ada yang mengatakan “Diteruskan”, ponsel cerdas kamu mungkin telah diretas.

Jadi apa yang perlu kamu lakukan? Cukup ketik ##002# ke layar panggilan lalu tekan lagi simbol panggilan. Layar kamu sekarang harus membaca “Penghapusan berhasil”, yang berarti telah memutuskan serangan cyber. Setelah itu dapat keluar dari layar ini dengan mengetuk Oke .

Namun, itu bukan akhir dari masalah: jika perangkat telah disadap, jelas rentan terhadap serangan.

Sumber: https://www.makeuseof.com/tag/6-signs-cell-phone-tapped/

Tinggalkan Balasan