Karakteristik Filter Analog |Filter Analog adalah

Filter merupakan suatu alat untuk melewatkan hal yang dibutuhkan dan menahan hal yang tidak dibutuhkan.

Pada dunia elektronika Filter memiliki makna yang lebih spesifik, Filter adalah suatu rangkaian yang berfungsi untuk melewatkan output pada frekuensi tertentu. Dengan menggunakan filter kita dapat membatasi atau menahan output yang tidak kita inginkan dan hanya melewatkan yang kita butuhkan. Penggunaan filter banyak kita temui di keseharian kita misalnya Radio dan Televisi kita, pada Radio kita melakukan filter untuk channel frekuensi yang ingin kita dengarkan  demikian pula pada Televisi kita biasanya sudah memfilter Channel yang kita ingin nikmati dengan angka-angka pada remote TV.

Pada Artikel ini kita tidak akan terlalu dalam membahas suatu Filter, disini kita akan membahas cara menentukan karakteristik suatu Filter Analog. Karakteristik suatu filter Analog sendiri ada tiga yaitu LPF (Low Pass Filter) ,HPF (High Pass Filter), dan BPF (Bandpass Filter).

Sebagai contoh soal, kita menemukan rangkaian Filter Analog sederhana seperti di bawah ini.

Bagaimanakah cara mengetahui karakteristik Filter Analog di atas?
Pertama kita harus menyederhanakan rangkaian diatas,  menjadi seperti gambar di bawah ini,

Setelah itu, kita harus mencari Fungsi Transmisi Filter T(jω) menggunakan rumus tertentu yang adalah sebagai berikut:

Lalu kita cari persamaan untuk nilai Magnituda nya, yang adalah sebagai berikut:

Dari persamaan di atas bila kita misalkan bahwa R=1 dan C=1, maka nilai atau persamaan dari magnitude adalah sebagai berikut:

Jadi, semakin besar nilai ω maka nilai dari magnitude pun akan semakin besar, artinya Filter Analog tersebut merupakan Filter dengan karakteristik HPF (High pass Filter) yang hanya melewatkan input dengan nilai frekuensi lebih tinggi dari nilai cut off nya. 

Demikian Artikel yang pendek ini,, semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mempelajari tentang Filter..

Tinggalkan Balasan