You are currently viewing Perbedaan RJ 45 dan RJ 11 |Pengertian

Perbedaan RJ 45 dan RJ 11 |Pengertian

Penggunaan RJ 45 dan RJ 11 tentu sangat familiar di kalangan pengguna telepon rumah atau pengguna internet kabel baik di kantor ataupun di rumah.

Mungkin banyak yang akan menjawab bahwa RJ 45 dan RJ 11 adalah kabel data atau kabel telepon,, akan tetapi tanggapan itu tidak benar, berikut sedikit penjelasan mengenai pengertian dari RJ11 dan RJ 45

Tapi, tahukah anda apa itu RJ? Yang menjadi pendangping angka 11 dan 45 yang sangat banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

RJ merupakan singkatan dari Registered Jack (RJ).

Pengertian dari RJ adalah sebuah standarisasi bagi interface dari jaringan telekomunikasi yang dapat menghungkan suara maupun data dengan sebuah service provider. Sistem dari Registered Jack ini pertama kali digunakan pada Sistem  Bell yang menggunakan Universal Service Ordering Code (USOC) untuk perangkat telepon. Sistem ini dibuat oleh Federal Communications Commission (FCC) pada 1970an.

Nama Registered Jack biasanya disingkat dengan dua huruf yaitu RJ yang diikuti oleh tipe dari konektor tersebut, seperti RJ11, RJ 14, RJ25, atapun RJ45.

Di Indonesia sendiri konektor RJ yang paling familiar adalah RJ 11 dan RJ 45. Dimana biasanya, RJ 45 digunakan untuk data internet sedangkan RJ 11 digunakan sebagai konektor pada telepon rumah.

Lalu apa perbedaan lainnya antara RJ 11 dan RJ 45?

Berikut perbedaan antara konektor RJ 11 dan konektor R 45,

1.Ukuran


RJ 11 memiliki ukuran fisik yang lebih besar dibandingkan RJ 45

2. pesifikasi


RJ 11 memiliki 4 konduktor sedangkan RJ 45 memiliki 8 Konduktor

3. Pin kabel konektor


RJ 11 memiliki 6 pin sedangakn RJ 45 memiliki 8 pin

4. Fungsi atau penggunaan

RJ 11 digunakan untuk ADSL, telepon rumah, kabel modem, dll.

RJ 45 digunakan untuk jaringan internet

Jadi, RJ 11 maupun RJ 45 merupakan konektor bukan kabel Ethernet. Akan tetapi penggunaan kata “kabel RJ 11” maupun “kabel RJ 45” memang sudah sangat familiar di Indonesia mungkin untuk memudahkan dibandingakn menggunakan kata “Kable Ethernet dengan konektor RJ 11”,, mungkin lebih ribet bagi kebanyakan orang haha.

Contoh Penggunaan RJ 11 dan RJ 45 memang lebih banyak ditemui di perkantoran, tempat perkuliahan, maupun rumah-rumah yang menggunakan kabel telepon dan kabel data. Akan tetapi penggunaan kabel ethernet ini semakin hari semakin berkurang karena adanya teknologi wireless alias jaringan tanpa kabel yang menggunkan udara sebagai medianya bukan lagi kabel tembaga.

Tinggalkan Balasan