You are currently viewing Belajar Jaringan Komputer Dasar

Belajar Jaringan Komputer Dasar

Pada sistem jaringan komputer, jaringan terdiri dari perangkat klien seperti komputer, perangkat mobile (smartphone, tablet, laptop), printer dan lain-lain yang terhubung dengan perangkat jaringan seperti switch dan router. Perangkat jaringan tersebut memungkinkan klien dapat berkomunikasi dan berbagi data satu sama lain.

Gambaran Topologi Jaringan Komputer

Beberapa komponen yang biasa digunakan untuk menghubungkan antara perangkat klien dengan perangkat jaringan antara lain:

Network Interface Card (NIC)

NIC adalah perangkat keras yang terpasang di perangkat klien supaya perangkat klien memiliki antar muka untuk terhubung dengan jaringan.

Network Interface Card (NIC)

Setiap kartu NIC memiliki alamat Media Access Control (MAC) unik yang mengidentifikasi perangkat fisik, juga dikenal sebagai alamat fisik. Alamat MAC dicetak pada kartu dan biasanya tidak dapat diubah. Alamat MAC panjangnya enam byte, dalam format heksadesimal. Tiga byte pertama adalah ID vendor, dan tiga byte terakhir adalah ID NIC.

Contoh Alamat MAC

IPv4 Address

Alamat IP versi 4 atau IPv4 adress adalah suatu pengalamatan jaringan yang digunakan oleh perangkat jaringan untuk mengetahui alamat sumber dan tujuan dari suatu paket data yang akan dikirim. Alamat IP versi 4 ini terdiri dari empat nilai, yang disebut oktet, yang berkisar dari 0 hingga 255 dan dipisahkan satu sama lain oleh titik. Alamat IP harus unik di jaringan.

Contoh Pengalamatan IP versi 4

Ethernet Cable

Kabel ethernet merupakan perangkat jaringan layer 1 dan juga merupakan media koneksi yang digunakan untuk menghubungkan NIC dari perangkat klien dengan perangkat jaringan.

Kabel Ethernet RJ45

Switch

Switch adalah perangkat jaringan Layer 2 (Data Link Layer) dimana dia menjadi penghubung pertama antara perangkat klien dengan perangkat jaringan. Beberapa karakteristik dari switch antara lain:

  • Port J45 terhubung ke perangkat lain seperti router, sakelar, dan host jaringan lainnya (mis., Komputer dan printer). Setiap port memiliki antarmuka perangkat lunak yang dapat dikonfigurasi.
  • ARP menentukan dengan perangkat mana ia harus bertukar data.
  • Mikrosegmentasi mencegah tabrakan data jaringan dan meningkatkan arus lalu lintas.
  • Antarmuka dapat dikonfigurasi untuk membuat jaringan seperti Virtual LANs (VLANs).
Contoh Perangkat Switch

Router

Router adalah perangkat jaringan Layer 3 (Network Layer) dimana dia menjadi penghubung antar switch yang juga dapat menghubungkan antara satu jaringan besar dengan jaringan besar lainnya. Karakteristik dari router antara lain:

  • Port RJ45 terhubung ke router atau switch lain. Setiap port memiliki antarmuka perangkat lunak yang dapat dikonfigurasi.
  • Terdapat routing table menentukan switch atau router mana yang harus menerima data. Ini merutekan data ke perangkat jaringan yang tepat.
  • Antarmuka dan fitur lain selain routing table yang sering digunakan pada router adalah terjemahan alamat jaringan atau NAT (Network Address Translation).
Contoh Perangkat Router

Sumber:

https://developer.cisco.com/

Tinggalkan Balasan