You are currently viewing Cara Mengatasi Microsoft Word 2010 Not Responding

Cara Mengatasi Microsoft Word 2010 Not Responding

Kenapa Microsoft Office 2010 not responding, padahal sebelumnya selalu working dengan baik? bagaimana cara mengatasi Micrisoft Word not responding?

Sebenarnya ada beberapa penyebab dan alasan kenapa Microsoft Office 2010 sering not responding, yaitu,

1. Software Bug/Corrupt
Hal ini bisa terjadi karena software Microsoft Office 2010 kita mengalami bug atau carrupt sehingga aplikasi yang kita jalankan tidak dapat bekerja dengan maksimal karena terdapat komponen yang kurang atau rusak. Bila hal ini terjadi kita harus melakukan instal ulang Microsoft Office 2010 kita dengan Master yang baru tentunya.

2. Virus
Kemungkinan kedua PC atau laptop kita terserang virus yang menggangu performa dari aplikasi yang kita jalankan. Untuk hal ini kita dapat melaukan scanning virus pada PC atau Laptop kita dan melakukan instal ulang Microsoft Office 2010.

3. Software Palsu
Hal ini cukup masuk akal, karena dengan software palsu alias bajakan kita akan mendapatkan aplikasi yang berupa tiruan. Tentu saja sebuah tiruan tidak akan pernah sama dengan aslinya sehingga menyebabkan aplikasi yang dijalankan tidak bekerja dengan maksimal. Solusinya? Beli yang asli hehe..

4. RAM penuh
Coba kalian cek apakah konsumsi RAM kalian sudah penuh saat menjalankan Microsoft Office 2010 di Task Manager (Ctrl+Alt+Del). Bila kondisinya memang penuh berati kalian butuh tambahan RAM baru atau kelian harus meng-uninstal aplikasi yang tidak penting.

Dari keempat alasan diatas sebenarnya terdapat alternatif untuk mengatasi Microsoft Office 2010 not responding berdasarkan pengalaman saya. Di bawa ini terdapat cara mengatasi not responMicrosoft Office 2010 not responding,

Ini adalah pengalaman pribadi saya dimana Microsoft Word 2010  saya tiba-tiba sering mengalami not responding. Tentu hal ini sangat menggangu, karena hanya dalam beberapa menit tiba-tiba Microsoft Word 2010  saya akan mengalami Not Responding. Ini terjadi berulang-ulang pada Microsoft Word 2010  saya, sampai akhirnya saya mencari tahu bagaimana solusi untuk memecahkan masalah ini kepada mbah Gugel.

Kalian juga bisa menonton Video penjelasan di Youtube Channel kami berikut:
Cara mengatasi Ms Word Not Responding

Dari pencarian tersebut saya mendapatkan 4 solusi yang bisa kalian coba bila mengalami hal yang sama seperti yang saya alami. Berikut cara untuk mengatasi Microsoft Word 2010 atau Microsoft Office 2010  not responding:

  1. Cek Auto Correct

masuk ke File-Option, lalu pilih Proofing dan klik AutoCorrect Option

Lalu Uncek checkbox yang dilingkari seperti gambar dibawah ini, klik OK dan restart Ms Word kalian.

  1. Check Ads-ins

Bila cara pertama gagal coba cara kedua ini, masuk ke File-Option lalu pilih Add-Ins. Di bawah box pilih COM Ads-ins lalu klik GO.

Di Layar COM Add-Ins pastikan tidak ada Add-ins yang kalian checklist, karena itu akan memberatkan Ms Word kalian.

  1. Repair Microsoft Office

Masih gagal? Coba kalian Repair MS Office kalian  dengan masuk ke Contorl Panel-Uninstall a Program

Lalu pada box search, kalian ketik Office, seperti gambar di bawah ini. Lalu pilih Office yang akan kalian repair dan klik Change. Tunggu sampai System selesai melakukan Repair pada office kalian.

  1. Buka File yang ada

    Bila kita mau menggunakan Ms Word, coba buka file word yang sudah tersimpan di komputer kita. Lalu dari file tersebut pilih File lalu pilih New Blank Document. Nah, ini juga cara yang cukup ampuh agar MS Word kita tidak mengalami not responding.

  2.  Waiting

Masih gagal juga kah? Ini cara terakhir yang ane dapetin secara tidak sengaja. Coba kalian tunggu beberapa saat sebelum menggunakan Ms Word. Setelah kalian membuka Ms Word kalian, jangan melakukan apapun pada Ms Word kalian, tunggu sekitar 10 menitan. Bila Ms Word tidak mengalami not responding niscaya Ms Word kalian akan lancar gan..

Atau untuk kalian yang menggunakan Ms Word yang belum diaktifasi kalian tidak perlu menunggu 10 menit, tunggu saja samapai box seperti di bawah ini muncul. Dan inilah yang terjadi pada saya, bila box dibawah ini muncul Ms Word saya tidak mengalami not responding. Terlihat konyol tapi hal ini berhasil and works pada saya.

Gambar: answers.microsoft.com

Semoga cara-cara di atas dapat menyelesaikan dan mengatasi error not responding pada Microsoft Office Word 2010 kalian. Selamat mencoba !!

Tinggalkan Balasan