You are currently viewing Parameter Drive Test 2G, 3G, dan 4G (LTE)

Parameter Drive Test 2G, 3G, dan 4G (LTE)

Apa itu Drive Test?
Drive Test adalah proses  pengukuran  sistem  telekomunikasi  bergerak  pada  sisi gelombang  radio  di  udara  yaitu  dari  arah  pemancar/BTS  ke  MS/handphone  atau sebaliknya. Artikel lebih dalam tentang pengertian Drive Test dan apa itu walk test dapat kalian cek disini Pengertian DRIVE TEST dan WALK TEST.

Dalam melakukan Drive test terdapat beberapa parameter yang harus diperhatikan. Setiap jaringan baik 2G, 3G, maupun 4G atau LTE memilki parameter yang berbeda karena memilki perangkat jaringan yang berbeda pula.

Berikut dibawah ini terdapat Parameter Drive Test 2G, 3G, dan 4G (LTE)

Parameter Drive Test 2G

Dalam melakukan Drive Test khususnya pada jaringan GSM atau 2G terdapat beberapa parameter yang bisa didapatkan diantaranya:

1. LAC (Location Area Code)LAC adalah kode yang mengidentifikasikan area lokasi dalam jaringan BTS . Setiap luas lokasi akan dilayani oleh VLR dan setiap lokasi memiliki LAC yang berbeda.

2. Cell IDCell ID adalah kode unik yang dimiliki untuk setiap sector pada sebuah BTS (Base Tranceiver Station).

3. MNC (Mobile Network Code)MNC adalah kode yang mengidentifikasikan sebuah jaringan yang sedang terhubung dengan Mobile Station.

4. MCC (Mobile Country Code)MCC adalah kode yang mengidentifikasikan Negara dari sebuah jaringan yang sedang terhubung dengan Mobile Station.

5. RxLevelRxLevel adalah kuat sinyal yang diterima dari BTS ke MS. Kuat sinyal ini memiliki satuan dBm dimana semakin besar kuat sinyal maka kemungkinan besar semakin baik pula kualitas panggilan yang akan diterima.

6. RxQual
RxQual adalah kualitas dari sinyal di dalam suatu jaringan. Nilai RxQual berada di angka 0 hingga7. Semakin besar nilainya maka semakin buruk kualitas sinyal pada jaringan tersebut.

7. C/I
C/I adalah perbandingan antara nilai kuat sinyal dengan nilai noise pada jaringan 2G atau GSM. C/I berfungsi untuk mengindetifikasikan kualitas dari sebuah jaringan.

Parameter Drive Test 3G

Dalam melakukan Drive Test khususnya pada jaringan WCDMA atau 3G terdapat beberapa parameter yang bisa didapatkan diantaranya:

1. Cell ID
Cell ID adalah kode yang mengidentifikasikan area atau lokasi jaringan dari sebuah NodeB. 

2. UARFCN (Universal Absolute Radio Frequency Channel Number)
UARFCN adalah kanal yang mewakili carier dari UMTS yang memilki lebar 5MHz. UARFCN dapat dijadikan referensi untuk mengetahui frekuensi yang digunakan oleh jaringan WCDMA tersebut dengan membagi nilai UARFN dengan angka 5. 
Karena biasanya UARFCN =  Nilai Frekuensi (MHz) x 5

3. SC (Scrambling Code)
SC adalah kode angka untuk setiap sektor pad NodeB.

4. RSCP (Receive Signal Code Power)
RSCP adalah kuat sinyal dari sebuah jaringan 3G atau WCDMA. RSCP sama seperti RXLevel di jaringan 2G atau GSM.

5. Ec/No (Energy Carrier per Noise) /SNR (Signal to Noise Ratio)
Ec/No adalah perbandingan antara nilai kuat sinyal dengan nilai noise pada jaringan 3G atau WCDMA. Ec/No bisa dikatakan juga sebagai SNR yang fungsinya sama seperti C/Ipada jaringan 2G atau GSM.

Parameter Drive Test 4G (LTE)

Dalam melakukan Drive Test khususnya pada jaringan LTE atau 4G terdapat beberapa parameter yang bisa didapatkan diantaranya:

1. SINR (Signal to Interference Noise Ratio)
SINR adalah perbadingan antara nilai sinyal yang dipancarkan dengan interfensi atau noise yang ikut tercampur.

2. CQI (Sinyal Quality Index)
CQI adalah kualitas dari sebuah channel Downlink dimana channel tersebut dalam keadaan dedicated atau sedang digunakan. Contohnya pada saat user LTE yang  melakukan download video, maka akan muncul nilai dari CQI nya.

3. PCI (Physicall Cell ID)
PCI adalah kode dari setiap cell pada jaringan LTE. Kode PCI ini tentu harus unik untuk setiap cell pada sebuah eNodeB  dan juga untuk eNodeB yang berdekatan tidak diperbolehkan memilki PCI yang sama untuk menghindari Handover failure.

4. BLER (Block Error Rate)
BLER adalah rasio perbandingan antara error block dengan total block pada transmisi jaringan LTE. BLER berfungsi untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu Modulasi sinyal pada jaringan LTE.


Referensi:
http://karionotelco.blogspot.co.idPengalaman pribadiedvanberliansa.wordpress.com

Tinggalkan Balasan