You are currently viewing Pengertian Android Manifest, Activity, dan Inten

Pengertian Android Manifest, Activity, dan Inten

Apa itu Android Manifest ?

Android Manifest merupakan bagian dari project android yang kita buat yang berbentuk file xml.  Android Manifest ini berisi informasi-informasi tentang aplikasi yang kita buat, seperti nama aplikasi yang sedang kita kerjakan, versi android yang di targetkan, theme dari aplikasi, dan masih banyak lagi informasi di dalam Android Manifest ini.

Fungsi dari Android Manifest ini adalah untuk mengatur  beberapa informasi yang akan ditampilkan di aplikasi yang sedang dibuat seperti informasi label, intent, icon, maupun Android Manifest permission saat kita ingin memanfaatkan fasilitas yang ada di dalam smartphone Android kita.

Selain itu, Android manifest juga dapat digunakan untuk pembentukkan file berekstensi .apk yang berguna agar hasil project android kita dapat di install ke dalam smarftphone android. Gambar di bawah ini merupakan contoh Android Manifest yang ada pada sebuah project Android.


Apa itu Activity pada Android ?

Activity adalah sebuah class yang digunakan untuk membuat sebuah layout yang akan ditampilkan dalam layar handpone dimana layout ini berisi intrface-interface seperti, listview, combo box, textview, dll yang bertujuan agar kita bisa berinteraksi dengan setiap activity mewakili satu layar, jadi saat akan membuat 5 form dalam 5 layar maka kita harus membuat 5 activity pula dan setiap form tersebut dapat saling berkomunikasi karena berada dalam satu activity.
Pada saat aplikasi berjalan pada sistem Android sebuah aktifitas program terjadi dalam beberapa pernyataan program atau tahapan. Kita  tidak dapat melakukan kontrol terhadap tahapan tersebut, semua sudah di atur oleh system. Namun demikian, kita dapat mengidentifikasi kapan tahapan tersebut terjadi dengan memanggil method-method di bawah ini :
1.     onCreate( Bundle )     Ketika kita memulai membuat aplikasi andorid maka metod inilah yang pertamakali dipanggil. Dengan method ini kita dapat melakukan inisialiasi awal seperti menentukan antar muka ( user interface )
2.     onStart( )      Method ini mengindikasikan aktifitas yang siap ditampilkan ke user
3.     onResume( )      Ketika membutuhkan method yang dapat berinteraksi dengan user maka diperlukan method ini, yang sangat bergunakbila ingin memasukkan musik maupun video.
4.     onPause( )      Ketika kita menjalakan lebih dari satu aktifitas maka salahsatu aktifitas harus bekerja di background dengan menggunakan method ini.
5.     onStop( )      Method ini dijalankan saat aplikasi yang sedang kita buka ingin di matikan untuk sementara waktu.
6.     onRestart( )     Method ini digunakan saat akan memulai kembali aktifitas yang sudah di stop sebelumnya.
7.     onDestroy( )
8.     onStateInstanceState( Bundle )Saat kita membuat project Android maka akan muncul method ini.
9.     onRestoreInstanceState( Bundle )

Pengertian Intent pada Android           

Intent merupakan sebuah program yang sudah jadi dan kita hanya tinggal memanggilnya untuk dijalankan bila dibutuhkan.

Seperti bila kita ingin membuat aplikasi sambungan telepon, kita dapat secara manual membuat coding programnya atau kita dapat pula hanya memanggil intent dari fungsi sambungan telepon tersebut, sehingga kita tidak perlu lagi melakukan penulisan program yang panjang.  Intent sendiri dibagi menjadi 2 yaitu,
1.     Implicit intent adalah intent yang memanggil fungsi activity yang sudah ada di fungsi internal              android seperti Dial Number, Open Browser dan lainya.

2.     Explicit Intent yang memanggil Activity lain yang masih dalam 1 project atupun beda project.

Tinggalkan Balasan