Cara Membuat Aplikasi Sambungan Telepon (Dial Up) di Android Menggunakan Eclips

Pada Artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat aplikasi telepon di Sistem Operasi Android  dengan menggunakan Eclips sebagai IDE (Integrated Development Environment) nya. Aplikasi panggilan telepon di Android ini dapat menggunakan dua metode yaitu menggunakan Intent dan tanpa menggunakan Intent dimana keduanya tentu menggunakan bahasa pemrograman Java.

Untuk kali ini kita akan membahas cara pembuatan aplikasi sambungan telepon menggunakan intent. Intent sendiri adalah sebuah kumpulan activity yang berisi program yang sudah jadi dengan fungsi-fungsi yang berbeda dengan tujuan untuk mempermudah kita dalam membuat suatu aplikasi.

Salah satu intent di ANdroid adalah intent Activity_Call, dimana intent ini berguna untuk kita bila ingin melakukan sambungan telepon. Jadi, kita tidak perlu lagi menulis script program yang panjang, kita dapat menggunakan intent ini agar lebih simpel. Coding untuk melakukan dial up menggunakan intent adalah seperti pada gambar di bawah ini:

Coding untuk melakukan panggilan telpon hanya dibutuhkan 4 baris saja, dan diletakkan didalam public void selfDestruct yang merupakan public void dari button. Bila kalian ingin menggunakan persis seperti coding di atas tambahkan self-destruct pada button di  layout xml kalian seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu kita perlu meminta izin untuk menggunakan fasilitas pada perangkat android kita, untuk hal ini kita harus meminta izin bahwa kita akan melakukan dial up atau activity call dengan masuk ke AndroidManifest.xml dari project kita seperti pada gambar di bawah ini. 

kita harus menambahkan (Add) Uses Permission lalu memilih name-nya yaitu android.permission.CALL_PHONE. Maka semua persiapan sudah selesai dan kita dapat langsung menjalankan Project kita ini. Project ini dapat kita coba di Emulator dan hasilnya adalah seperti screen shoot di bawah ini.

Tinggalkan Balasan