Tips Memilih Jurusan Kuliah

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Saat akan melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas, banyak sekali para siswa yang bingung bahkan galau untuk menentukan jurusan apa yang akan diambil saat akan kuliah. Pada artikel kali ini, Eduidea.id akan membagikan tips memilih jurusan kuliah supaya kalian dapat memantapkan pilihan jurusan yang akan diambil nantinya.

1. Kenali cita-cita, potensi dan ketertarikan

Cita-cita, potensi dan ketertarikan merupakan tiga hal yang saling menguatkan, sehingga jika kita sudah mengetahui tiga hal tersebut dari diri kita, maka akan sangat mudah untuk menentukan jurusan kuliah yang akan diambil. Misal dari kecil sudah punya cita-cita ingin menjadi dokter, kemudian secara potensi pun nilai pelajaran biologi, kimia dan matematika nya bagus, serta sangat tertarik dengan dunia kesehatan, maka dengan mudah kita bisa memutuskan mengambil jurusan kedokteran.

Tetapi jika masih kesulitan untuk melakukan identifikasi tiga hal tersebut, satu hal yang pasti harus diketahui yag paling tidak harus diketahui yaitu ketertarikan. Karena jika kita sudah mengetahui bidang apa yang membuat kita tertarik, maka motivasi untuk mengasah potensi pada bidang tersebut pun akan muncul dengan sendirinya dan pada akhirnya kita bisa menentukan arah cita – cita kita akan kemana.

2. Cari informasi jurusan apa yang sesuai dengan point 1

Jika kita sudah berhasil melakukan identifikasi pada point satu, dimana paling tidak kita sudah mengetahui tentang ketertarikan bidang nya apa. Langkah selanjutnya adalah mencari tahu jurusan apa yang sesuai dengan ketertarikan kita tersebut.

Sebagai contoh, Jerry mempunyai ketertarikan dengan teknologi dan dia sangat menyukai film-film fiksi ilmiah seperti Avanger, Iron Man dll. Dan dia sangat termotivasi untuk bisa seperti Tony Stark yang bisa membuat sistem robotic, dan artificial intelligence (AI) seperti Jarvis dan Friday, maka jurusan yang paling cocok untuk Jerry adalah Ilmu Komputer atau Teknik Elektro.

Untuk mengetahui apa saja yang dipelajari pada suatu jurusan kuliah, kita dapat mengakses web universitas dan melihat kurukulum studinya seperti apa. Sebagai contoh di Fakultas Ilmu Komputer universitas indonesia menyediakan informasi mata kuliah yang bisa diambil sebagai berikut:

3. Cari kampus mana saja yang menyediakan jurusan tersebut

Nah langkah terakhir setelah kita mengetahui jurusan yang akan kita ambil, barulah saatnya kita melakukan pencarian kampus mana saja yang menyediakan jurusan tersebut. Untuk memudahkan, kita bisa melihat pemeringkatan jurusan berdasarkan kampus melalui https://www.timeshighereducation.com, seperti gambar berikut:

Ataupun melalui https://www.topuniversities.com, sehingga kita dapa melihat daftar universitas terbaik yang menyediakan jurusan yang akan kita tuju sebegai berikut

Kemudian tentukan kampus yang akan kita tuju, cari informasi bagaimana tes masuknya dan buat strategi bagaimana cara bisa lulus ujian ke kampus tersebut.

Tinggalkan Balasan