You are currently viewing Tips Mengelola Keuangan Mahasiswa, Patut Dicoba!

Tips Mengelola Keuangan Mahasiswa, Patut Dicoba!

Tips mengelola keuangan untuk mahasiswa berikut ini menjadi hal yang patut kamu coba agar tidak hidup boros dan merasa sengsara pada akhir bulan. Kamu tentu ingin dapat mengontrol keuanganmu dengan baik, bukan? Nah, inilah lima tips mengelola keuangan untuk mahasiswa yang sebaiknya segera kamu lakukan.

1. Mencatat jumlah uang yang masuk

Pada dasarnya setiap mahasiswa memiliki sumber pemasukan yang berbeda-beda, ada yang murni hanya dari orang tua, saudara, maupun hasil dari keringatnya sendiri. Nah, tanggal masuknya uang ke rekening juga dapat beragam karena mendapatkan uang pada awal, tengah, maupun akhir bulan. 

Tips mengelola keuangan mahasiswa pertama ini menjadi poin yang  penting untuk kamu lakukan sesegera mungkin. Dengan memiliki catatan tersebut, maka kamu dapat memprediksi akan menghabiskan berapa banyak uang untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama satu bulan penuh.

2. Memprediksi jumlah pengeluaran

Pada saat pertama kali memprediksi jumlah pengeluaran atau membuat rencana anggaran pengeluaran, mungkin kamu akan merasa bingung. Namun, cobalah untuk mengingat dan mencatat satu per satu pengeluaran yang kamu lakukan belakangan ini.

Jika merasa hal itu masih kurang, maka kamu dapat menemukan berbagai macam referensi melalui mesin pencarian dan memilih jenis pengeluaran yang relevan. Nah, tips mengelola keuangan mahasiswa yang satu ini dapat kamu gunakan untuk menghindari terjadinya besar pasak daripada tiang.

3. Mencatat jumlah uang yang keluar

Rencana terkadang tidak sesuai dengan realita sehingga ada baiknya kalau kamu juga mencatat setiap uang yang telah keluar. Dengan begitu, kamu akan tahu telah mengirim uangmu kemana atau menggunakannya untuk apa saja.

Namun, kamu mungkin akan merasa bahwa tips yang satu ini cukup sulit untuk dilakukan karena terbentur oleh rasa malas. Padahal, ada banyak aplikasi yang dapat kamu unduh melalui ponselmu untuk mencatat pengeluaran tersebut agar menjadi lebih praktis.

4. Melakukan investasi leher ke atas

Jenis investasi yang satu ini penting untuk kamu miliki karena akan sangat bermanfaat untuk masa depanmu. Dengan melakukan investasi leher ke atas, kamu dapat menjual skill yang kamu miliki untuk menunjang kehidupanmu mendatang.

Saat ini sudah banyak kursus keahlian yang dapat kamu pilih sesuai dengan minatmu, baik itu seni, teknologi, maupun bidang yang lainnya. Tidak hanya offline, kursus juga bisa kamu dapatkan secara online sehingga dapat lebih menghemat waktu dan tenaga.

5. Memiliki saham, reksadana, atau cryptocurrency

Tips mengelola keuangan mahasiswa yang satu ini seharusnya sudah tidak asing lagi, bukan? Kamu dapat mengalihkan sebagian uangmu untuk membeli saham suatu perusahaan, reksadana, maupun cryptocurrency. Nah, kamu akan memperoleh keuntungan sesuai dengan pilihan investasi yang kamu tentukan

Namun, hal yang perlu kamu pahami adalah setiap investasi tentu saja memiliki resiko karena nilainya dapat naik maupun turun. Semakin besar keuntungan yang kamu dapatkan, maka semakin besar pula resiko kerugiannya. Jadi, pastikan uang yang kamu gunakan untuk investasi ini adalah uang dingin sehingga kerugian hasil investasi tidak akan terlalu mempengaruhi kehidupanmu.

6. Membiasakan diri untuk menabung

Tips mengelola keuangan mahasiswa selanjutnya adalah membiasakan diri untuk menabung sedikit demi sedikit agar lama-lama menjadi bukit. Kamu mungkin merasa bahwa keuanganmu selama ini lancar-lancar saja sehingga tidak perlu membiasakan diri untuk menabung.

Namun, akan lebih baik jika kamu melakukan tips yang satu ini untuk menabung saat keuanganmu masih lancar. Kamu tentu sadar bahwa segala kemungkinan buruk dapat terjadi kapan saja, bukan? Nah, pada saat itulah uang yang kamu tabung secara rutin akan menjadi sangat berharga.

7. Mengutamakan kebutuhan daripada keinginan

Terkadang melihat saldo rekening yang masih banyak dapat membuat mahasiswa gelap mata dan membeli berbagai barang yang sebenarnya tidak terlalu ia butuhkan. Lalu, mahasiswa tersebut merasa sedih karena saldo rekening yang tiba-tiba menipis. Apa kamu juga pernah mengalaminya?

Agar hal tersebut tidak terjadi padamu, maka cobalah untuk mengendalikan keinginan dan lebih mengutamakan kebutuhan. Hal ini mungkin sulit untuk dilakukan, namun kamu harus mulai membiasakan diri supaya tidak mudah tergiur dengan berbagai hal yang tidak kamu butuhkan.

Itulah lima tips mengelola keuangan untuk mahasiswa yang patut kamu coba agar kamu dapat mengontrol keuanganmu dengan baik. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan