You are currently viewing Cara Menampilkan Kuat Sinyal pada Android Menggunakan Eclips

Cara Menampilkan Kuat Sinyal pada Android Menggunakan Eclips

Kuat Sinyal (signal strength)  adalah besarnya level suatu sinyal radio yang dikirimkan oleh pemancar. Kuat sinyal ini menggambarkan seberapa baik kekuatan dari suatu sinyal dalam suatu area tertentu, semakin besar nilainya semakin baik jangkauannya.

Di artikel ini kita akan memberikan cara menampilkan kuat sinyal dalam satuan dBm (decibel) yang sedang diterima oleh smarthphone kita. Dengan mengetahui angka dari sinyal yang diterima oleh smarthphone, maka kita dapat lebih akurat dalam mengetahui area mana yang sinyal nya lebih baik.

Berikut cara untuk menampilkan signal strength pada sistem operasi Android.

Disini, saya hanya menggunakan satu textview seperti gambar di bawah ini. Textview tersebut akan digunakan untuk menampilkan nilai dari kuat sinyal (dBm).

Pertama karena kita hanya menggunakan satu textview, kita dapat membuat satu textview saja, disini kita memberi nama textview ytersebut textview1.

android:id=”@+id/textview1″

Kedua ketikkan syntax di bawah ini di file .java kalian..

Lalu jangan lupa untuk meng-import komponen yang dibutuhkan, bila kalian menggunakan eclips maka cukup ketikkan semua syntax diatas dan bila ada error berupa tanda silang di baris sytax yang error, kalian tinggal klik tanda silang tersebut maka kalian akan diberi tahu bahwa kalian belum mengexport komponen yang kalian gunakan, lalu akan muncul pilihan seperti gambar dibawah ini, maka kalian dapat langsung pilih ‘import’.

Nilai dari kuat sinyal yang didapatkan adalah berdasarkan dari perhitungan berikut,

SignalStrength = (2 * SignalStrength) – 113

Karena kita menggunakan syntax getGsmSignalStrength(); maka didapatkan nilai yang bukan bersatuan dBm maka diperlukan konversi agar didapatkan nilai dalam bentuk dBm sesuai dengan standar TS 27.007 8.5 dimana kuat sinyal berada pada range 0 hingga -113 dBm.

Nah bila sudah selesai maka kalian dapat langsung menjalankannya di simulator, akan tetapi hasil dari simulator akan menunjukkan nilai -99dBm sesuai default yang ada, itu artinya project kalian berhasil.

Kenapa hanya menunjukkan angka -99dBm ?

Hal ini disebabkan setingan default yang sudah diatur agara memunculkan angka -99dBm, karena ini hanya berupa simulator dimana simulator tersebut tidak dapat menerima sinyal GSM.

Sekarang kalian dapat mengeksport project tersebut dan menginstalnya di smartphone Android kalian agar kalian bisa melihat berapa kuat sinyal yang sedang smartphone kalian terima.

Berikut hasil dari smarthphone saya. Selamat Mencoba..

Tinggalkan Balasan