Contoh Abstrak Tugas Akhir Teknik Telekomunikasi

Aplikasi Tra-cteR


Contoh Abstrak Tugas Akhir di bawah ini merupakan abstrak dari tugas akhir S1 penulis pada Program Studi Teknik Telekomunikasi.

Gambar di atas merupakan gambar aplikasi yang telah penulis buat pada Smartphone Android dalam tugas akhir ini.

Contoh abstrak baik untuk Skripsi, Tugas Akhir, Proposal, Karya Ilmiah, Tesis, ataupun Penelitian pada dasarnya memilki pengertian yang sama. Abstrak adalah rangkuman dari Tugas Akhir yang telah kita buat mulai dari tujuan awal pembuatan hingga kesimpulan pekerjaan yang telah kita lakukan.

Cara membuat abstrak sebenarnya cukup mudah asalkan penelitian atau alat yang kita buat sudah selesai pengerjaannya. Dalam sebuah abstrak diharuskan terdapat kata kunci di akhir penulisan.

Tujuan penulisan abstrak dan kata kunci dalam sebuah penelitian adalah untuk memudahkan pembaca dalam mengerti karya kita, baik itu berupa karya ilmiah ataupun jurnal. Macam-macam abstrak dapat kita temui dengan format yang berbeda sesuai dengan kebijakan Dosen pebimbing kita.

Contoh abstrak di bawah ini dapat menjadi Contoh abstrak tugas akhir Teknik Elektro maupun Teknik Telekomunikasi.

ABSTRAK   
Perancangan Perangkat Lunak Drive Test Berbasis Android Untuk Analisa Panggilan Suara Pada Jaringan Gsm

   Pada Tugas akhir ini dibahas mengenai perancangan perangkat lunak drive test berbasis Android khususnya untuk kuat sinyal dari jaringan GSM. Drive test biasanya dilakukan dengan menggunakan Laptop, GPS, dan Mobile Station. Namun metoda tersebut kurang efisien karena perangkat yang terlalu banyak dalam melakukan proses drive test.
   Di dalam penelitian ini dilakukan cara drive test yang lebih efisien dengan hanya menggunakan sebuah smartphone yang berbasis sistem operasi Android. Hasil drive test dari smartphone dapat diolah lebih lanjut untuk dianalisa dengan menggunakan perangkat lunak Mapinfo seperti halnya hasil drive test yang menggunakan perangkat lunak pada laptop seperti Tems ataupun Nemo. Pengunaan Smartphone Android untuk drive test ini sendiri selain agar drive test  dapat dilakukan dengan lebih efisien tanpa perangkat yang terlalu banyak juga dapat menghemat dalam hal biaya operasional untuk perangkat.
   Dengan drive test menggunakan smartphone berbasis Android didapatkan hasil pengukuran yang hampir sama dengan menggunakan Tems untuk pengukuran RxLevel Full. Akan tetapi untuk pengukuran lainnya didapatkan hasil yang tidak terlalu sama seperti pengukuran RxLevel Sub, handover, maupun cell reselection. Tingkat ketelitian untuk drive test menggunakan smartphone Android masih kurang baik dibandingkan drive test menggunakan Tems.

Kata kunci : drive test, Android, kuat sinyal

Membuat sebuah abstrak tidaklah sulit. Hal yang kita perlukan adalah pengertian akan proyek akhir atau tugas akhir yang sedang kita kerjakan untuk mendapatkan inti dari proses pengerjaan proyek akhir tersebut.

Semoga contoh abstrak di atas dapat pula memberikan ide bagi kalian yang sedang mencari judul tugas akhir khususnya bagi kalian yang berada di Jurusan Teknik Elektro atau Teknik Telekomunikasi.

Tinggalkan Balasan