You are currently viewing Komponen Elektronika | Fungsi, Jenis-jenis, dan simbol Komponen Elektronika

Komponen Elektronika | Fungsi, Jenis-jenis, dan simbol Komponen Elektronika

Pengertian Komponen Elektronika Dasar

Komponen elektronika merupakan suatu alat yang digunakan untuk merancang peralatan elektronik seperti TV, Radio, komputer, dan lain sebagainya. Komponen-komponen elektronika ini bila dirangkai dapat menghasilkan fungsi yang berbeda-beda.

Komponen dasar elektronika bisa dikatakan terdiri dari tiga macam komponen yaitu resistor, kapasistor, dan induktor.

Dalam perkembangannya komponen elektronika mengalami perubahan khususnya dalam hal ukuran fisik. Komponen elektronika saat ini memilki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk lebih mengefisienkan penggunaan komponen itu sendiri. 

Semakin kecil komponen maka semakin kecil pula alat yang dibuat. Seperti yang kita ketahui, komputer pertama memilki ukuran sebesar rumah, akan tetapi saat ini sebuah komputer dapat kita bawa kemanapun karena ukurannya yang semakin minimalis.

Jenis-jenis Komponen Elektronika

Jenis-jenis Komponen Elektronika  dapat dibagi dalam dua kategori yaitu Komponen elektronika pasif dan aktif.  Komponen Elektronika Aktif adalah Komponen Elektronika yang memerlukan arus listrik untuk dapat bekerja. Sedangkan Komponen Elektronika Pasif adalah komponen Elektronika yang tidak memerlukan arus listrik untuk dapat bekerja.

Dari Jenis-jenis Komponen elektronika tersebut terdapat macam-macam Komponen Elektronika secara lebih spesifik. Komponen-komponen elektronika ini memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Berikut jenis-jenis dan macam-macam komponen elektronika. 

A. Komponen Elektronika Aktif
Contoh Komponen Elektronika Aktif adalah sebagai berikut:

1. Dioda

     Dioda merupakan komponen eletronika aktif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya. Dioda terdiri dari dua elektroda yaitu Katoda dan Anoda.

2. Transistor

Transistor merupakan komponen elektronika Aktif yang memilki banyak fungsi seperti penguat, sirkuit pemutus dan penyambung (Switching), stabilitasi tegangan, modulasi sinyal dan lain sebagainya. Transistor dapat dikatakan merupakan komponen elektronika terpenting untuk saat ini, karena hampir diseluruh rangkaian elektronika terdapat transistor. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai transistor dapat mengunjungi artikel berikut Transistor.

3. LED (Light Emiting Diode)

LED merupakan komponen elktronika aktif yang dapat memancarkan cahaya. LED merupakan salahsatu jenis dari Dioda.

4. IC (Integrated Circuit)

IC merupakan komponen elektronika aktif yang terbuat dari bahan semikonduktor dimana didalamnya terdapat komponen transistor. Di dalam IC sudah terdapat rangkaian yang memilki fungsi berbeda-beda sesuai tipenya. IC sering digunakan sebagai “otak” dari suatu alat elektronik.

B. Komponen Eletronika Pasif
 Contoh Komponen Elektronika Pasif adalah sebagai berikut:

1. Resistor

Resistor merupakan komponen elektronika pasif yang berfungsi untuk menghambat arus listrik.

2. Kapasistor

Kapasistor merupaka komponen elektronika pasif yang dapat menyimpan muatan listrik untuk sementara waktu.

3. Induktor

Induktor merupakan komponen elektronika pasif yang dapat berfungsi untuk pengatur frekuensi, filter, dan sebagai alat kopel (penyambung). Induktor bekerja dengan memanfaatkan medan magnet yang dihasilkan dari lilitan dan inti penampangnya ketika dialiri oleh arus listrik.

4. Transformator

Transformator merupakan komponen elektronika pasif yang dapat menurunkan atau menaikkan tegangan listrik. Transformator dikenal juga dengan nama Trafo.

Simbol Komponen Eletronika
Simbol-simbol komponen elektronika adalah sebagai berikut:(gambar-gambar simbol komponen elektronika dibawah ini bersumber dari Wikipedia)

1. Resistor

2. Kapasistor

3. Induktor

4. Transistor

5. Dioda

Demikian penjelasan tentang pengertian Komponen Elektronika, fungsi Komponen Elektronika, Jenis-jenis Komponen Elektronika, dan simbol Komponen Elektronika.



Referensi:
https://teknikelektronika.com/jenis-jenis-komponen-elektronika-beserta-fungsi-dan-simbolnya/
https://id.wikipedia.org/wiki/Komponen_elektronik
https://skemaku.com/pengertian-komponen-aktif-dan-pasif-beserta-jenis-dan-fungsinya/

Tinggalkan Balasan