Pengertian Osilator dan Jenis-jenis Osilator (Osilator Crystal, Osilator RC- LC)

Pengertian Osilator 

Osilator adalah rangkaian elektronik untuk mengkonversi sinyal DC menjadi Sinyal AC. Dalam Arti lain Osilator merupakan rangkaian yang mampu menghasilkan gelombang  periodik pada sisi outpunya tanpa sinyal input eksternal.  Dengan menggunakan rangkaian Osilator RC, sinyal output pada Osilator dapat dirubah menjadi  sawtooth wave (sinyal gergaji) atau square wave (sinyal pulsa).Fungsi osilator pada radio maupun pada implementasi lainnya umumnya adalah untuk mengubah sinyal DC menjadi sinyal arus bolak-balik AC.

Contoh penggunaan osilator di kehidupan sehari-hari adalah pada pemancar Radio, pemancar Televisi, Jam, Beeper, ataupun konsol video.

Prinsip kerjadi Osilator adalah membuat arus DC menjadi AC dengan menggunakan komponen aktif sehingga sinyal input dapat dikonversi menjadi sinyal yang berbeda bentuknya.

Dari beberapa jenis Osilator di bawah, Osilator Kristal bisa dikatakan sebagai Osilator yang paling sering didengar. Osilator Kristal biasanya digunakan untuk rangkaian yang membutuhkan stabilitas frekuensi yang sangat tinggi dalam waktu yang cukup lama. 

Macam-macam  Osilator
Suatu Osilator dapat diklasifikasikan berdasarkan bentuk gelombang output nya ataupun  feedback yang digunakan.

~ Berdasarakan bentuk gelobambangnya osliator dibagi menjadi dua macam yaitu:

1. Osilator Sinusoidal
Osilator Sinusoidal adalah osilator yang ouputnya berupa sinyal sinusoidal atau setidaknya mendekati sinyal sinusoidal (dengan frekuensi tertentu).  Biasanya Osilator jenis ini di design menggunakan kombinasi L (induktor) dan C (Capasitor). Osilator Sinusoidal digunakan untuk ultrasonic dan radio frekuensi.

2. Osilator Relaksasi
Osilator Relaksasi (Relaxation Oscillator) adalah osilator yang ouputnya berupa sinyal non- sinusoidal, seperti sawtooth wave atau square wave. Osilator Relaksasi biasanya menggunakan dua amplifier dan sebuah frequency control yang memberikan delay antara dua action. Kedua amplifeir ini dioperasikan secara switch mode, melakukan switching dari fully on ke fully off atau sebaliknya.  Nama lain dari Osilator relaksasi adalah astable multivribator dikarenakan osilator jenis ini mengandung lebih dari satu osillating element.

~ Berdasarkan tipe Feedbacknya osliator pun dibagi menjadi dua macam, yaitu:

1. Osilator LC (Inductor-Capacitor)
Osilator LC biasanya digunakan untuk men-generate dan menerima sinyal RF (pada Channel Radio) dimana dibutuhkan nilai frekuensi yang variable. Osilator LC bekerja pada frekuensi ratusan KHz hingga ratusan MHz.  Contoh dari Osilator LC adalah Colpitts, Hartley, dan Crystal Osilator. Penggunaan Cristal Osilator banyak ditemukan pada sistem komputer kita. Crystal Osilator terbuat dari silicon oxide (SiO2) dan secara fisik disebut piezoelectric yang dapat menghasilkan sinyal sinusoidal maupun sinyal pulsa. Frekuensi yang dihasilkan oleh Crystal Osilator sangatlah stabil dan akurat sesuai dengan spesifikasi yang ditanamkan. Osilator ini dirancang untuk mengatasi masalah output fluctuation yang selalu terjadi pada osilator konvesional.

2. Osilator RC (Resistor-Capacitor)
Osilator RC biasa digunakan untuk frekuensi rendah pada audio, yaitu dibawah 1 MHz. Penggunaan RC lebih sulit dibandingkan dengan LC untuk mendapatkan sinyal yang stabil. Contoh Osilator RC adalah Wien-bridge dan phase-shift.


Sumber:
www.learnabout-electronics.orgen.
wikipedia.org
www.teknikelektronika.com
Materi jaman Kuliah 🙂

Tinggalkan Balasan