You are currently viewing Pengertian SCADA dan Fungsi Sistem SCADA

Pengertian SCADA dan Fungsi Sistem SCADA

SCADA adalah singkatan dari Supervisory Control and Data Acquisition.
Pengertian SCADA sendiri adalah suatu arsitektur dalam sistem kendali yang berbasis komputer, network data communication, dan Graphical user interface (GUI) untuk pengontrolan maupun pengawasan suatu sistem.
Untuk terhubung dengan mesin pada suatu indutri SCADA biasanya menggunakan interface  khusus agar dapat terhuung  dengan mesin, Interface yang digunakan dapat berupa Programmable logic controller(PLC) atau PID Controller.

Sistem pada SCADA memilki empat fungsi penting dalam bekerja, yaitu:
1. Pengontrolan suatu sistem
2. Berkomunikasi antar sistem dalam jaringan data
3. Akuisi  data
4. Penyajian data

Penggunaan sistem SCADA dalam suatu industri maupun kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan SCADA:
1. SCADA dapat sangat bermanfaat untuk efisiensi waktu dalam bekerja.
2. SCADA dapat mengurangi kesalahan dalam pekerjaan dengan sistem yang telah terprogram.
3. SCADA mampu mempercepat suatu proses pekerjaan dengan pengontrolan dari jarak jauh.
4. SCADA bermanfaat untuk menghasilkan produk dengan cepat tapi tetap terkendali.
5. Keuntungan bagi industri akan lebih besar dengan berkurangnya pekerja manusia yang digantikan SCADA. Mungkin ini adalah hal yang dilema tapi tidak bagi pemilik industri.

Lalu dimana sebenarnya kita dapat menjumpai penggunaan SCADA?

Contoh aplikasi SCADA dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam suatu indutri. Beberapa contoh penggunaan SCADA adalah sebagai berikut:
1. Transportasi, SCADA dapat digunakan untuk memantau lampu lalu lintas agar dapat mengurangi kemacetan.
2. Listrik, SCADA digunakan untuk memantau arus dan tegangan sebagai pengawasan bila terjadi konsleting atau arus pendek.
3. Gedung, SCADA digunakan untuk pengontrol penerangan, sistem pendingin, dan juga CCTV untuk keamanan.
4. Distribusi Air, SCADA digunakan untuk mengontrol dan mengatur kecepatan air atau tekanan pada pipa air.

Komponen-komponen dasar dari suatu Sistem SCADA adalah SensorRTU(Remote Telemetry Units)MTU (Master Terminal Unit),  dan jaringan komunikasi.

Setiap bagian ini memilki fungsi yang berbeda-beda tentunya dan penempatan khusus untuk setiap sistem. Sensor dan RTU misalnya berada di lapangan sedangkan MTU berada di ruang kontrol yang biasanya berjarak cukup jauh dari lapangan.

Sedangkan sistem jaringan komunikasi berada di kedua sisi, yaitu di lapangan dan di ruang kontrol. Jaringan komunikasi ini lah yang menghubungkan sensor dan RTU dengan MTU di ruang kontrol sehingga pengontrolan dan pengawasan dapat dilakukan secara real time.
Berikut fungsi dari empat komponen dasar dalam pembuatan sistem SCADA:

1. Sensor
Berupa sensor pada sistem yang ingin diambil datanya. Sensor ini akan mengukur suatu proses dan data dari hasil pengukuran tersebut akan dikirimkan pada sistem untuk dimonitor secara real-time atau pun untuk keperluan analisa.

2. RTU (Remote Telemetry Units)
RTU adalah sistem yang ditempatkan di sisi lapangan. RTU bekerja secara langsung dengan sensor-sensor di lapangan. RTU merupakan sistem yang akan menyimpan data dari sensor dan mengirimkannya ke sistem kontrol pusat yaitu, MTU (Master Terminal Unit).

3. MTU (Master Terminal Unit)
MTU adalah sistem yang berfungsi untuk menerima data dari RTU. Data dari RTU akan segera diolah oleh MTU dan dapat ditampilkan baik itu berupa angka maupaun grafik sesuai dengan program yang telah ditanamkan. Berbeda dengan RTU, Sistem MTU ini memungkinkan adanya HMI (Human Machine Interface) dimana hal ini akan membantu khususnya dalam hal analisa data.

4. Jaringan Komunikasi
Agar RTU dan sensor dilapangan dapat mengirimkan data pada MTU maka dibutuhkan jaringan komunikasi diantara perangkat ini. Jaringan komunikasi yang umum digunakan adalah jaringan Radio dan Jaringan Serat Optik. Dimana serat optik memilki kecepatan yang lebih baik hanya saja serat optik jauh lebih mahal dibandingkan penggunaan jaringan radio.

 


Referensi:
Wikipedia.org
dunia-listrik.blogspot.com

Tinggalkan Balasan