You are currently viewing Perguruan Tinggi Negeri Akreditas A  di Jakarta
perguruan tinggi negeri jakarta

Perguruan Tinggi Negeri Akreditas A di Jakarta

Jakarta selain merupakan pusat pemerintahan, kegiatan bisnis, perekonomian dan politik nasional juga merupakan tujuan untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang leih tinggi, khususnya mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

 Total Jakarta memiliki lebih dari 400 perguran tinggi terdiri dari Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, dan juga Politeknik. Dari 400an perguruan tinggi tersebut terdapat sekitar 2400 program studi  dengan jumlah dosen hingga 31.017.

Untuk akreditasi, terdapat 13 perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) terdiri dari 10 universitas dan 2 sekolah tinggi.

Dari total 13 perguruan tinggi yang mendapatkan akreditasi A di Jakata terdapat 3 perguruan tinggi negeri dan 10 perguruan tinggi swasta. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas 3 perguruan tinggi negeri tersebut yang mendapatkan akreditas A.

Berikut adalah perguran tinggi negeri di Jakarta yang memiliki Akreditasi A,

1. Universitas Indonesia

Credit: Tirto.id

Universitas Indonesia (UI) merupakan Universitas negeri yang didirikan pada tahun 1954. Namun perjalanan UI menuju Universitas besar seperti sekarang ini bisa dikatakan dimulai sejak tahun 1849 ketika didirikannya Dokter-Djawa School Batavia yang menjadi cikal-bakal Fakultas Kedokteran UI.

Bahkan awalnya UI memiliki beberapa fakultas yang letaknya berbeda2 yang akhirnya memisahkan diri dan menjadi mandiri, seperti Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam di Bandung yang memisahkan diri menjadi Institut Teknologi Bandung. Ada juga Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan UI yang memisahkan diri untuk mendirikan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kini UI memiliki dua kampus utama di Depok, Jawa Barat dan di Jakarta Pusat. Untuk jumlah fakultas, UI memiliki 14 fakultas.

Berikut merupakan 14 Fakultas yang berada di UI,

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Fakultas Kedokteran Gigi
  3. Fakultas Farmasi
  4. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  5. Fakultas Ilmu Keperawatan Rumpun Sains-Teknologi (Saintek)
  6. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  7. Fakultas Teknik
  8. Fakultas Ilmu Komputer Rumpun Sosial-Humaniora (Soshum)
  9. Fakultas Hukum
  10. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  11. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
  12. Fakultas Psikologi
  13. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  14. Fakultas Ilmu Administrasi

2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Credit: quipper.com

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan pada tahun 1957.

Pembentukan UIN Jakarta bisa dikatakan berawal sejak tahun 1940 ketika Persatuan Guru Agama Islam (PGAI) di Padang mendirikan Sekolah Tinggi Islam (STI). Lalu pada tahun 1945 STI didirikan di Jakarta setelah STI di Padang dihentikan selama pendudukan Jepang di Indonesia.

Dalam perjalannanya STI sudah beberapa kali berganti nama salahsatu yang paling dikenal adalah ketika masih bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah. Nama Syarif Hidayatullah sendiri diambil dari nama asli Sunan Gunung Jati, salah satu Walisongo, sembilan penyiar Islam di Pulau Jawa.

Pada akhirnya nama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta baru diresmikan pada tahun 2002. Kini, UIN Jakarta memiliki 12 Fakultas dengan lebih dari 50 program studi.

Berikut merupakan 12 Fakultas yang tersedia di UIN Jakarta,

  1. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
  2. Fakultas Adab dan Humaniora (FAH)
  3. Fakultas Ushuluddin (FU)
  4. Fakultas Syariah dan Hukum (FSH)
  5. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM)
  6. Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI)
  7. Fakultas Psikologi (FPSI)
  8. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
  9. Fakultas Sains dan Teknologi (FST)
  10. Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES)
  11. Fakultas Kedokteran (FK)
  12. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

3. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Credit: info.sipencatar.com

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta merupakan perguruan tinggi yang berada dibawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang didirikan pada tahun 1957.

STIP awalnya bernama Akademi Ilmu Pelayaran (AIP) yang menyelenggarakan Program Diploma III dengan 2 jurusan antara lain, Nautika dan Teknika.

Nama STIP sendiri baru digunakan pada tahun 2000 dengan struktur organisasi baru yang membuka kesempatan bagi STIP untuk menjawab tantangan melaksanakan tingkat pendidikan yang lebih tinggi sampai ke jenjang S2 dan S3

Dalam pelaksanaan perkuliahan STIP kini memiliki 3 program untuk Diploma IV yaitu Program Diploma IV Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK).

Selain menyelenggarakan program studi pendidikan,STIP Jakarta juga menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan pelaut diantaranya

  1. Program Diklat Pelaut Jurusan Nautika
  2. Program Diklat Pelaut Jurusan Teknika
  3. Program Diklat Keterampilan Pelaut
  4. Program Kerjasama Diklat Keterampilan Pelaut

Referensi:
pddikti.kemdikbud.go.id
nasional.kompas.com
banpt.or.id
Wikipedia.org
beasiswa-id.net
tribunnewswiki.com

Tinggalkan Balasan