You are currently viewing Perguruan Tinggi Akreditasi A yang ada di Bandung

Perguruan Tinggi Akreditasi A yang ada di Bandung

Bandung sebagai salah satu tujuan pagi para pelajar untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi kini memiliki 8 perguruan tinggi yang memiliki akreditas A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Indonesia sendiri secara kesuluruhan memiliki sekitar 95 perguruan tinggi berakreditas A terdiri dari perguruan tinggi swasta dan juga perguruan tinggi negeri.

Secara presentase jumlah perguruan tinggi dengan akreditasi ini bisa dikatan masih rendah, mengingat Indonesia memiliki ribuan perguruan tinggi yang tersebar diseluruh negeri.

Di bandung sendiri, kurang dari 5% dari total perguruan tinggi yang ada memiliki akreditasi A, tepatnya hanya ada 8 dari total perguruan tinggi sekitar 200 perguruan tinggi.

Berikut adalah 8 perguruan tinggi baik dari swasta maupun perguruan tinggi negeri yang ada di Bandung dengan akreditasi A.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Perguruan tinggi
Gambar: https://usm.itb.ac.id/

Institut Teknologi Bandung (ITB) didirikan pada tahun 1920 dengan nama TH te Bandoeng. Sejak saat itu, ITB sudah berganti nama sebanyak 7 kali yang pada akhirnya memiliki nama resmi Institut Teknologi Bandung pada tahun 1959.

ITB yang beralamat di Jl. Ganesha 10/12 -, Bandung, Jawa Barat, didirikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik setelah pecahnya Perang Dunia pertama yang mengakibatkan Belanda kesulitan untuk menyediakan tenaga teknik ke wilayah di Indonesia.

ITB awalnya hanya memiliki satu fakultas yaitu Fakultas ilmu teknik. Kini, ITB sudah memiliki 7 Fakultas dan menaungi  5 Sekolah. Untuk program studi ITB memiliki total 130 program Studi dengan jumlah Dosen hingga 1.447.

Berikut adalah Fakultas yang sekarang tersedia di ITB.

  1. FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian )
  2. FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)
  3. FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain)
  4. FTI (Fakultas Teknologi Industri )
  5. FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara)
  6. FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan)
  7.  FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan)

Berikut adalh Sekolah yang dinaungi oleh ITB

  1. SAPP (KSekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan)
  2. SBM (Sekolah Bisnis dan Manajemen)
  3. SF (Sekolah Farmasi)
  4. SITH (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati)
  5. STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika)

2. Universitas Pendidikan Bandung (UPI)

Perguruan tinggi
Gambar: https://www.edunews.id/

Universitas Pendidikan Bandung (UPI) merupakan perguruan tinggi yang memiliki beberapa kampus di berbagai kota seperti Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, juga Serang dengan kampus pusat berada di kota Bandung, tepatnya berlamat di Jalan Setiabudhi 229 Bandung.

UPI didirikan pada tahun 1954 dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) dengan tujuan menghasilkan guru yang berkualitas dan bertaraf universtas untuk meningkatkan kualitas dari pendidikan Indonesia yang sedang berkembang selepas kemerdekaan.

UPI sempat beberapa kali berganti nama dan salah satu yang paling diingat adalah ketika masih bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bandung atau disingkat IKIP Bandung. Lalu pada tahun 1999 barulah nama Universitas Pendidikan Indonesia diresmikan menggantikan nama IKIP.

UPI yang awalnya bertujuan untuk mendapatkan para pengajar berkualiatas kini memiliki tujuan yang lebih luas terbukti dengan fakultas yang kini lebih beragam.

UPI memiliki 8 Fakultas , lalu dari 8 fakultas tersebut UPI memiliki lebih dari 80 program studi dengan jumlah pengajar hingga 1200an dosen pengajar.

Berikut merupakan 8 fakultas yang ada di Universitas Pendidikan Bandung (UPI),

  1. FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan)
  2. FPIPS (Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial)
  3. FPBS (Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra)
  4. FPMIPA (Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)
  5. FPTK (Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan)
  6. FPOK (Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan)
  7. FPEB (Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis)
  8. FPSD (Fakultas Pendidikan Seni dan Desain)

3. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Perguruan Tinggi
Gambar: https://news.detik.com/

Universitas Padjadjaran  (UNPAD) didirikan pada tahun 1957 dan diresmikan langsung oleh Presiden Soekarno. Pemilihan nama Padjadjaran sendiri terinspirasi dari kerajaan Pakuan Pajajaran yang sempat dipimpin oleh Prabu Siliwangi pada tahun 1473-1513.

UNPAD sendiri memiliki beberapa kampus dengan  dua yang terbesar adalah Kampus UNPAD di Dipati Ukur Bandung dan kampus UNPAD di Jatinangor Sumedang. Kampus UNPAD di Jatinangor bisa dikatakan adalah kampus utama dari UNPAD, terutama untuk program Sarjana.

UNPAD didirikan dengan tujuan sebagai wadah memperoleh pendidikan tinggi untuk para pemuda-pemudi Jawa Barat yang diprakarsai oleh para pemuka masyarakat Jawa Barat kala itu.

Ketika awal berdiri UNPAD memiliki 4 fakultas dan kini sudah berkembang menjadi 16 fakultas.

Berikut merupakan 16 fakultas yang ada di Universitas Padjadjaran  (UNPAD) Fakultas:

  1.  Hukum
  2.  Ekonomi dan Bisnis
  3.  Kedokteran
  4.  Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  5.  Pertanian
  6.  Kedokteran Gigi
  7.  Ilmu Budaya
  8.  Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  9.  Psikologi
  10.  Peternakan
  11.  Ilmu Komunikasi
  12.  Keperawatan
  13.  Perikanan dan Ilmu Kelautan
  14.  Teknologi Industri Pertanian
  15.  Farmasi
  16.  Teknik Geologi

4. Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)

Perguruan Tinggi

Politeknik negeri Bandung (Polban) didirikan pada tahun1982 dengan nama awal Politeknik ITB dan berada di naungan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Lalu pada tahun 1999 Politeknik ITB memisahkan diri dengan ITB untuk menjadi institusi mandiri dengan nama baru Politeknik Negeri Bandung.

Polban awalnya hanya meiliki jejang pendidikan tertinggi Diploma 3 (D3) dengan 4 program studi awal adalah Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektronika, dan Teknik Listrik.

Kini Polban sudah mengembangkan program pendidikannya, bukan hanya menerima program D3 namun terdapat pula program  pendidikan sarjana terapan D4 yang setara dengan sarjana S1.

Kini Politeknik negeri Bandung memiliki 10 Jurusan dengan total sekitar 30an program studi.

Berikut merupakan 10 Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) Jurusan:

  1. Sipil
  2. Mesin
  3. Konversi Energi
  4. Refrigerasi dan Tata Udara
  5. Elektro
  6. Kimia
  7. Komputer dan Informatika
  8. Akuntansi
  9. Admnistrasi Niaga
  10. Bahasa Inggris

5. Universitas Pasundan (UNPAS)

Perguruan Tinggi
Gambar: unpas.ac.id

Universitas Pasundan didirikan pada tahun 1960 yang tak lepas dari campur tangan sebuah organisasi budaya Sunda, Paguyuban Pasundan.

Unpas memiliki 5 kampus di lokasi yang berbeda-beda, mulai dari Jalan Lengkong Besar No. 68 (Kampus I), Jalan Tamansari No. 6-8 (Kampus II), Jalan Wartawan IV No. 22 (Kampus III), Jalan Dr. Setiabudhi No. 193 (Kampus IV), dan Jalan Sumatra No. 41 (Kampus V).

Pada saat awal berdiri Unpas hanya memiliki dua fakultas saja yaitu Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP). Seiring berjalannya waktu Unpas kembali membuka beberapa fakultas dan kini memiliki 6 fakultas dengan 26 program studi.

Selain itu Unpas kini sudah memiliki 5 program studi pasca sarjana dan 2 program Doktor.

Berikut adalah 6 Fakultas yang berada di Unpas:

  1. Hukum
  2. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  3. Ekonomi,
  4. Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  5. Ilmu Seni dan Sastra
  6. Fakultas Teknik

6. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Politeknik Negeri Bandung
Gambar: unpar.ac.id

Universitas Katolik Parahyangan didirikan pada tahun 1955 dengan nama awal Akademi Perniagaan oleh dua pimpinan dari Gereja Katolik di Jawa Barat, mereka adalah Uskup Bandung Pierre Marin Arntz, O.S.C. dan Uskup Bogor Paternus Nicholas Joannes Cornelius Geise.

Unpar didirikan untuk menghasilkan ahli berpendidikan tinggi yang sangat dibutuhkan oleh Indonesia pasca kemerdekaan.

Nama Universitas Katolik parahyangan sendiri resmi digunakan sejak tahun 1961 sesuai undang-undang Nomor 22 tahun 1961 tentang perguruan tinggi.

Kini Unpar memiliki 7 fakultas dengan lebih dari 30 program studi. Untuk gedung perkuliahan Unpar memiliki 4 kampus yang terletak di lokasi yang berbeda dengan kampus utama Unpar beralamat di Jalan Ciumbuleuit..

Berikut 7 Fakultas yang berada di Unpar yakni Fakultas:

  1. Ekonomi
  2. Hukum
  3. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  4. Teknik
  5. Filsafat
  6. Teknologi Industri
  7. Teknologi Informasi dan Sains

7. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Universitas Islam Bandung
Gambar: Edutore.com

Universitas Islam Bandung didirikan pada tahun 1958 dengan nama awal Perguruan Islam Tinggi. Unpas saat itu didirikan oleh sejumlah tokoh Islam Jawa Barat bersama beberapa Ulama yang menginginkan perguruan tinggi bernafaskan Islam yang mampu melahirkan intelektual muslim.

Pada tahun 1967 Unisba berganti nama menjadi Universitas Islam Bandung lalu sejak 1972 segala aktifitas universitas berada di satu lokasi yaitu di Jalan Tamansari No.1 Bandung yang disediakan oleh Pemerintah Daerah Kotamadya Bandung.

Unisba kini memiliki 10 fakultas dengan 18 program studi dan 4 profesi. Selain itu, Unpas memiliki 8 program studi Magister dan satu program Studi Doktoral

Berikut adalah 10 fakultas yang berada di Unisba yakni Fakultas:

  1. Syari’ah
  2. Tarbiyah dan Keguruan
  3. Dakwah
  4. Hukum
  5. Psikologi
  6. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  7. Teknik
  8. Ekonomi dan Bisnis
  9. Ilmu Komunikasi
  10. Kedokteran

8. Telkom University (Tel-U)

Politeknik Negeri Bandung
Gambar: ayobandung.com


Telkom University merupakan penggabungan dari 4 perguruan tinggi milik PT Telkom yaitu, Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Tel-U bisa dikatakan berawal dari tahun 1999 ketika berdirinya STT Telkom yang merupakan cikal bakal dari Tel-U saat ini. Saat itu direktur utama Pt Telkom Ir Cacuk Sudarjianto memprakarsai berdirinya dua universita yaitu Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom) dan Sekolah Tinggi Manajemen dan Bisnis Telkom (STMB Telkom).

Kedua sekolah tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki kekhususan pendidikan dalam bidang industri pertelekomunikasian serta teknologi informasi.

Kini Tel-U telah semakin berkembang terlebih sejak tahun 2013 saat terjadi penggabungan beberapa perguruan tinggi milik Telkom. Dalam penyelenggraaan perkuliahan Tel-U kini memiliki 7 fakultas dengan 27 program studi.

Berikut adalah 7 fakultas yang berada di Tel-U,

  1. FTE (Fakultas Teknik Elektro)
  2. FRI (Fakultas Rekayasa Industri)
  3. FIF (Fakultas Informatika)
  4. FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)
  5. FKB (Fakultas Komunikasi dan Bisnis)
  6. FIK (Fakultas Industri Kreatif)
  7. FIT (Fakultas Ilmu Terapan )

Demikian 8 perguruan tinggi dengan akreditasi A yang ada di kota Bandung.

Indonesia sendiri masih dalam proses untuk mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas dan lebih merata dari Sabang sampai Merauke.

Semoga kedepannya lebih banyak lagi perguruan tinggi di Bandung dan di seluruh Indonesia yang memiliki standar tinggi agar tercipta kualitas pendidikan yang semakin baik untuk negeri tercinta ini.

 

 

Referensi:
Wikipedia.org
https://telkomuniversity.ac.id/
https://www.unisba.ac.id/
http://unpar.ac.id/
http://www.unpas.ac.id/
www.unpad.ac.id
www.upi.edu
www.itb.ac.id

Tinggalkan Balasan