You are currently viewing 23 Platform Pembelajaran Coding Gratis

23 Platform Pembelajaran Coding Gratis

Pada artikel ini, kita melihat lebih dekat pada 23 platform untuk belajar coding secara gratis, yang Anda perlukan hanyalah akses ke koneksi internet dan laptop yang bagus.

Tujuannya adalah untuk mengungkapkan fitur apa saja yang ditawarkan oleh masing-masing dari 23 platform ini untuk mendorong Anda memulai pengkodean sendiri. Berikut ini daftar website-nya:

1. Kode.org

Code.org menawarkan Anda akses ke berbagai tutorial dalam berbagai bentuk panduan tutorial, video, dan sebagainya.

Bahkan juga menawarkan Anda akses ke berbagai tutorial dan aplikasi, seperti yang ditawarkan oleh mitra mereka untuk belajar tentang pengembangan game, pemrograman JavaScript, dan bahasa pemrograman serupa lainnya.

Code.org juga menawarkan pembelajaran yang dipimpin oleh instruktur untuk pembelajaran yang lebih mudah dan cepat. Beberapa kuliah yang tersedia di situs ini berasal dari nama-nama populer di industri pemrograman, maka tidak heran jika ada jutaan peserta yang telah memanfaatkan pengetahuan pemrograman yang dibagikan di portal ini.

Tujuan dasar dari inisiatif nirlaba ini adalah untuk membantu siswa sekolah mempelajari ilmu komputer dan menjadikannya bagian reguler dari kurikulum.

2. Codecademy

Seperti namanya, platform ini mengajarkan Anda keterampilan teknis dan pemrograman melalui berbagai kursus. Kursus ini mencakup topik-topik berikut:

  • Pengembangan situs web (termasuk pengkodean interaktif)
  • HTML, CSS, PHP , Python, dan lainnya
  • Ruby dan Ruby on Rails
  • AngularJS, Java , JavaScript , jQuery, dan sebagainya
  • SQL dan Git

Lebih dari 25 juta orang telah belajar atau sedang belajar coding menggunakan platform hebat ini. Bagian yang baik tentang Code Academy adalah platform ini memberi Anda kesempatan untuk belajar dan memahami coding dari awal.

Perusahaan pendidikan ini juga bertujuan untuk memberi Anda pengalaman belajar online yang luar biasa dan sejauh ini telah berhasil melakukannya.

3. Khan Academy

Platform pembelajaran ini membuatnya sangat mudah untuk belajar dan mengembangkan keterampilan pemrograman. Ini karena tidak hanya mengandalkan instruktur untuk mengajar siswa, tetapi juga memungkinkan siswa untuk berbagi program apa pun yang mereka ketahui dengan siswa lain.

Jenis pembelajaran bersama ini meningkatkan keterlibatan pengguna dan membantu peserta memahami berbagai hal dengan lebih cepat. Selain itu, penggunaan video untuk mengajarkan berbagai nuansa pemrograman komputer akan membantu Anda dengan cepat berhubungan dengan apa yang mungkin Anda coba lakukan di komputer Anda.

Hal tersebut tidak hanya membatasi dirinya pada pemrograman komputer, tetapi juga membantu Anda mempelajari berbagai hal yang ada di bawah ilmu komputer dan pengkodean dengan tutorial pembelajaran kode yang berlangsung selama satu jam.

Dengan demikian, Anda dapat mempelajari HTML, CSS, JavaScript, animasi, dan lainnya untuk menyiapkan situs web dan game. Selain itu, Khan Academy memiliki kursus untuk membantu Anda menyiapkan database Anda sendiri.

Platform ini juga memberikan kesempatan belajar online jauh di luar pemrograman ke beberapa mata pelajaran lainnya.

4. Codewars

Situs web pembelajaran coding ini memungkinkan Anda mempelajari bahasa pemrograman pilihan Anda dengan menantang Anda. Pada platform ini, Anda dapat menyelesaikan satu tantangan pada satu waktu (dikenal sebagai “kata”) dan mempertajam keterampilan Anda yang ada.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang bahasa pemrograman favorit Anda atau mendapatkan paparan bahasa baru yang hanya sedikit Anda ketahui. Beberapa bahasa pemrograman khas yang diajarkan oleh Codewars termasuk JavaScript, CoffeeScript, Java, Ruby, Python, C# dan Clojure.

Ide di balik platform ini adalah untuk mendorong pelajar untuk terus berkembang dengan setiap “kata” (tantangan) yang mereka temui.

Saat tantangan semakin sulit, Anda bisa memecahkan “katas” dengan peringkat lebih tinggi. Anda mendapatkan kehormatan untuk menyelesaikan setiap “kata” dan maju ke level berikutnya.

Di akhir setiap tantangan, Anda juga dapat membandingkan solusi Anda dengan solusi orang lain dan mendiskusikan berbagai cara inovatif untuk menangani teknik pemrograman serupa di komunitas pengembang yang relevan.

Untuk menambahkan lebih banyak kesenangan pada tantangan, Codewars bahkan memungkinkan Anda untuk membuat “kata” Anda sendiri dan menantang pengembang lain. Tujuan utama mereka adalah untuk memungkinkan pengembang mencapai potensi tertinggi mereka.

5. Coursera

Platform ini adalah perpustakaan online besar untuk berbagai jenis kursus berbasis programming yang diajarkan oleh berbagai profesor dari universitas yang berbeda.

Coursera pada dasarnya menawarkan Anda akses ke beberapa kursus online terbaik dunia (sekitar 1773 kursus) dengan bermitra dengan berbagai universitas dan organisasi (138 mitra). Dengan demikian, ada daftar topik komputasi yang tidak ada habisnya yang diajarkan oleh Coursera, termasuk SQL data besar, robotika, dan Python .

Meskipun semua kursus ditawarkan secara gratis, jika Anda ingin mendapatkan sertifikasi dalam topik tertentu, Anda harus membayar biaya yang sesuai untuk topik tersebut. Harga untuk memenuhi syarat untuk sertifikat berkisar antara $30 dan $100, tergantung pada pilihan kursus Anda.

6. Udemy

Ini adalah platform e-learning yang terkenal secara global yang menawarkan ribuan kursus yang diajarkan melalui video tutorial. Anda harus membayar banyak kursus, tetapi Udemy juga menawarkan beberapa kursus gratis.

Topik yang dibahas oleh Udemy meliputi pengembangan pribadi, gaya hidup, kesehatan dan kebugaran, dan pengembangan. Sebagai pembuat kode, ia juga menawarkan banyak kursus pengembangan di bawah bagian yang berbeda, seperti aplikasi seluler, bahasa pemrograman, pengembangan web, pengembangan game, basis data, dan e-niaga.

Jadi, berdasarkan tujuan Anda, Anda dapat memilih bagian yang relevan dan memilih salah satu kursus gratis yang tersedia untuk meningkatkan pengetahuan Anda.

Selain itu, Anda dapat melihat peringkat dan ulasan untuk setiap kursus gratis sebelum Anda mendaftar untuk itu. Ini akan membantu Anda memilih kursus Udemy gratis terbaik yang tersedia tentang topik atau bahasa pemrograman yang Anda minati.

7. Free Code Camp

Seperti namanya, platform ini adalah tentang belajar coding di kamp atau komunitas. Bagian terbaik dari situs web ini adalah membantu organisasi nirlaba dengan pengkodean. Yang harus Anda lakukan adalah bergabung dengan komunitas online mereka dan ambil bagian dalam tantangan coding sebagai sebuah kelompok.

Platform ini memandu Anda melalui tantangan coding dengan membantu Anda belajar sepanjang jalan. Anda juga diberikan akses ke kursus interaktif dan tutorial coding.

Selain itu, Anda memiliki opsi untuk bertemu programmer lain di platform ini yang tinggal di kota Anda, dan mengadakan sesi berbagi pengetahuan dengan mereka.

Anda juga dapat sering mengakses ruang obrolan komunitas di situs untuk mencari bantuan dari pembuat kode lain. Jadi, Free Code Camp tidak hanya membantu Anda belajar coding secara gratis, tetapi juga memberi Anda kesempatan untuk membangun aplikasi yang berguna bagi organisasi nonprofit secara real time.

Beberapa bahasa pemrograman terkenal yang dapat Anda pelajari dan kerjakan, menggunakan komunitas ini, termasuk JavaScript, HTML5, CSS3, Node.js, D3.js, Database, Git, dan GitHub.

8. edX.org

Ini merupakan platform open source yang dengan cepat menjadi sumber belajar yang terkenal secara global dengan lebih dari 5 juta pelajar.

Di bawah kategori “ilmu komputer”, edX.org menawarkan sekitar 166 kursus yang berbeda. Beberapa kursus ini, seperti kursus XSeries, adalah kursus berbayar.

Namun, edX.org juga menawarkan beberapa kursus terverifikasi gratis yang memungkinkan Anda mempelajari berbagai bahasa pemrograman sesuai keinginan Anda. Anda hanya perlu membayar kursus gratis jika Anda memerlukan sertifikat sebagai bukti penyelesaian kursus Anda dan keahlian yang diperoleh.

Melalui platform pembelajaran ini, Anda bisa mendapatkan paparan C#, Java, jQuery, C++, Python, pembelajaran mesin, pemrograman R, SQL, desain atau pengembangan aplikasi seluler, dan sebagainya.

9. Code Conquest

Website ini dapat membantu Anda ketika akan memasuki dunia coding. Bahkan jika Anda tidak tahu apa itu programming atau pengkodean, platform Code Conquest dapat membantu Anda mempelajari dasar-dasarnya dan meningkatkannya.

Dengan Code Conquest, Anda mendapatkan akses ke panduan coding gratis untuk permulaan yang berisi banyak tutorial coding gratis.

Dengan panduan ini, Anda akan belajar bagaimana menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Itu juga membuat Anda cukup mampu untuk menentukan pelatihan bahasa pengkodean mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan Anda kemudian dapat membuat keputusan yang sesuai.

Berbagai bahasa pemrograman yang diajarkan oleh Code Conquest termasuk PHP, JavaScript, Ruby, Python, C++ , HTML dan CSS.

10. MIT OpenCourseWare

Massachusetts Institute of Technology (MIT) OpenCourseWare (OCW) adalah inisiatif besar yang dilakukan oleh MIT. Sebagai bagian dari platform ini, semua materi studi program sarjana dan pascasarjana MIT dibawa secara online sehingga Anda dapat mempelajarinya kapan saja dan di mana saja dengan akses gratis ke semua.

Terlepas dari mata pelajaran lain yang ditawarkan, platform ini menawarkan kursus online gratis yang berkaitan dengan ilmu komputer.

Beberapa kursus pengantar pemrograman termasuk pembelajaran online untuk Java, Python, C dan C++, dan pemrograman MATLAB. Anda dapat menelusuri kursus gratis ini untuk mencari yang memenuhi kebutuhan Anda.

11. GA Dash

GA Dash memperkenalkan cara yang menyenangkan untuk mempelajari cara membuat situs web yang menarik dari browser Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mempelajari berbagai bahasa pemrograman berbasis web, seperti JavaScript, HTML, dan CSS. Bagian yang menyenangkan adalah Anda akan terbantu dalam mempelajari cara membuat website dalam bentuk proyek.

Dengan setiap langkah yang ditujukan untuk membangun situs web yang luar biasa, Anda membangun “proyek” kecil. Dengan demikian, semua panduan pada akhirnya akan memberdayakan Anda untuk membuat situs web Anda sendiri. Selain itu, ini mengajarkan Anda untuk membangun situs web yang responsif (ramah seluler)!

12. Udacity

Platform ini menawarkan beberapa kursus berbasis pengembang. Anda dapat mengakses semua materi kursus secara gratis dan menyempurnakan keterampilan Anda sebagai pengembang web front-end atau sebagai pengembang Android atau iOS.

Namun, jika Anda ingin diakui sebagai pemegang “nanodegree”, maka Anda perlu membayar kursus mereka dan mendapatkan bantuan terpandu selama kursus Anda.

Program nanodegree ditargetkan untuk membantu Anda memberikan arah yang benar untuk karir Anda dan meningkatkan peluang kerja Anda. Selain itu, jika Anda tertarik, Anda dapat melihat materi kursus mereka secara gratis untuk menentukan apakah layak untuk mengikuti kursus nanodegree terpandu mereka.

Platform ini menawarkan beberapa kursus yang dibuat oleh perusahaan terkenal, seperti Google, Facebook, At&t, dan Cloudera. Misalnya, Anda dapat mengakses kursus pembelajaran mendalam gratis oleh Google di situs web Udacity.

13. Pelatihan Google Android

Jika Anda tertarik untuk mempelajari nuansa pengembangan aplikasi Android dari awal, maka Google dapat sangat berguna bagi Anda.

Raksasa teknis ini menawarkan banyak kelas pembelajaran pengembangan Android, termasuk yang dirancang untuk pemula. Ini juga memberi Anda beberapa contoh kode yang dapat digunakan kembali oleh Anda untuk pengembangan aplikasi Android Anda sendiri.

Jika itu tidak cukup, Google bahkan menawarkan Anda akses ke berbagai kursus pelatihan video online yang terkait dengan pengembangan Android.

14. The Code Player

Hal unik tentang platform pembelajaran coding online ini adalah platform ini memaparkan Anda pada video atau presentasi walk-through tentang kode yang dibuat oleh orang lain dari awal.

Selain itu, setiap pelajaran berjalan diakhiri dengan video dan deskripsi terperinci tentang topik tersebut. Dengan demikian, Anda pada dasarnya dihadapkan pada beberapa kode kehidupan nyata yang telah berhasil diterapkan.

Dengan melalui studi kasus nyata seperti itu, Anda akan memiliki ide yang lebih baik tentang bagaimana menggunakan bahasa pemrograman tertentu, berdasarkan kebutuhan yang berbeda.

Anda dapat mempelajari tentang bahasa seperti HTML5, CSS3, JavaScript, dan jQuery yang digunakan oleh banyak orang untuk membuat situs web atau aplikasi seluler.

15, Code School

Code School adalah platform pembelajaran kode online lain yang bagus, menawarkan kursus gratis dan berbayar. Kursus yang berbeda diatur dalam bentuk jalur, khusus untuk teknologi dan keterampilan pemrograman. Anda dapat menavigasi melalui jalur pembelajaran yang berbeda ini untuk menentukan kursus mana yang tepat untuk Anda berdasarkan kebutuhan Anda.

Beberapa topik pemrograman dan teknis utama yang dicakup oleh jalur Sekolah Kode adalah Ruby, Python, HTML, CSS, iOS, JavaScript, SQL, dan Git. Anda dapat mulai mencoba kursus Code School gratis di sini .

16. The Odin Project

Proyek ini bertujuan untuk membantu Anda mempelajari pengembangan web online secara gratis. Sebagai bagian dari proses pembelajaran mereka, Anda berpartisipasi dalam beberapa proyek kecil untuk membantu Anda membangun portofolio pekerjaan Anda sendiri.

Anda juga mendapatkan kesempatan untuk bekerja dengan peserta didik lain sebagai kelompok pada proyek yang berbeda, yang meningkatkan proses belajar Anda.

Situs web ini bertujuan untuk mengajari Anda sebagian besar bahasa pemrograman dasar, seperti Ruby dan Ruby on Rails, JavaScript, HTML5, CSS3, dan jQuery, yang diperlukan untuk membangun situs web.

Ini juga menawarkan kurikulum yang fleksibel, di mana Anda dan siswa lain dapat berkontribusi, untuk pembelajaran Anda. Idenya adalah untuk menggunakan alat pengembangan web paling efektif yang tersedia.

17. HTML5 Rocks

Seperti namanya, platform ini terutama berfokus pada pembelajaran nuansa HTML5 yang banyak digunakan untuk pengembangan situs web dan pengembangan aplikasi seluler.

Hal yang menarik tentang situs ini adalah bahwa ini adalah proyek Google. Jadi, kontribusi ke situs ini dan semua tutorial pembelajaran, termasuk panduan sumber daya dan dek slide, yang ditawarkan kepada Anda disediakan oleh profesional Google.

Detail yang dibahas oleh HTLM5 Rocks lebih berguna bagi mereka yang mencoba meningkatkan keterampilan HTML5 mereka yang sudah ada. Jadi, pemahaman dasar tentang HTML5 mungkin diperlukan sebelum Anda mulai menggunakan situs ini.

18. A List Apart

Ini adalah blog yang berisi banyak materi, artikel, dan buku berkualitas yang akan berguna bagi Anda saat Anda mencoba mempelajari keterampilan pemrograman.

Ini difokuskan pada keterampilan pengkodean untuk pengembangan situs web dan memiliki banyak penulis yang berkontribusi pada blog yang dirancang dengan indah ini. Para kontributor ini menulis buku dan mengadakan lokakarya atau acara yang berkaitan dengan konten web, desain situs web, dan pengkodean.

A List Apart adalah situs referensi yang ideal untuk orang yang membuat situs web atau bagi mereka yang tertarik untuk membuat situs web.

19. SitePoint

Ini adalah blog lain yang sangat berguna, jika Anda menginginkan materi berkualitas yang terkait dengan berbagai bahasa pemrograman. Mereka tidak hanya membantu Anda mempelajari dasar-dasar bahasa, seperti HTML, CSS, dan JavaScript, tetapi juga berbagi wawasan tentang keamanan WordPress , Swift, React.js, dan sebagainya.

SitePoint berisi informasi mendetail tentang semua topik yang dapat membantu perjalanan pemrograman Anda.

20. TutsPlus

Blog ini menawarkan lebih dari 20.750 tutorial cara kerja gratis, video, dan lainnya untuk membantu Anda mempelajari dasar-dasar berbagai bahasa pemrograman dan hal-hal teknis.

Semua tutorial berbasis proyek dan menawarkan petunjuk langkah demi langkah, bersama dengan tangkapan layar yang sesuai untuk lebih memahami petunjuknya. Ini juga memiliki beberapa kursus video, yang mencakup komputasi dan topik lainnya.

Situs web TutsPlus juga menawarkan beberapa kursus berbayar, eBook, dan sebagainya untuk pengalaman belajar yang komprehensif tentang bahasa pengkodean pilihan Anda. Dari perspektif pemrograman teknis, Anda dapat mempelajari tentang CSS, JavaScript, Node.js, Swift, WordPress , Joomla, dan platform blogging.

21. Programming After Hours

Pemrograman After Hours telah ada selama beberapa tahun terakhir dan memiliki banyak tutorial berbeda untuk mempelajari konsep dasar Python, PHP, dan banyak lagi.

Di atas hanyalah daftar singkat platform atau situs web yang memungkinkan Anda belajar coding atau pemrograman online secara gratis.

Mungkin ada banyak alat pembelajaran kode efektif lainnya.

Jika Anda telah menggunakan alat semacam itu dengan sangat sukses, silakan bagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah dan terima kasih telah membaca!

22. Codeasy.net

Codeasy mungkin yang terbaru dari seluruh daftar. Hal ini tentu saja pendidikan yang cukup menarik karena mendorong konsep baru untuk belajar ilmu komputer. Anda mulai belajar di sana dengan membaca cerita petualangan tentang mesin pertempuran di masa depan. Dalam perjalanan Anda, Anda akan menghadapi tantangan yang membutuhkan coding nyata untuk dipecahkan. Tujuan akhirnya adalah untuk menyelamatkan dunia dari invasi mesin. Dan sebagai efek samping yang sangat penting – menjadi pengembang perangkat lunak.

Kursus ini berfokus pada dasar-dasar ilmu komputer menggunakan C#. Ini gratis dan dirancang untuk pemula yang lengkap. Ini dimulai dengan program “Halo dunia”, mengarahkan Anda melalui semua yang Anda butuhkan untuk menulis kalkulator pertama Anda, mendapatkan topik yang lebih maju seperti array, dan validasi input. Setiap orang yang tahu cara membaca dapat mulai belajar di sana.

Codeasy memiliki kelompok slack dukungan di mana siapa saja yang tersesat dalam perjalanan keselamatan dunia mereka dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban yang berarti dalam waktu 12 jam.

23. Code Avengers

Code Avengers ditujukan untuk anak-anak berusia 5 hingga 14 tahun dan memberi mereka lingkungan belajar pemrograman yang menyenangkan dan interaktif. Ini juga merupakan sumber yang bagus untuk guru sekolah yang ingin membantu siswa mereka membuat kode. Karena targetnya adalah pada kelompok usia yang lebih muda, ini membuatnya ideal bagi orang dewasa untuk memahami juga siapa yang tidak berpikiran teknologi.

Code Avengers berbasis di Selandia Baru. Mereka juga menawarkan Kamp Kode di mana ada 1 hingga 3 hari pelatihan pengkodean. Kamp-kamp ini terletak di seluruh dunia dan di berbagai negara bagian di AS. Anda dapat mempelajari bahasa pengkodean seperti C++, HTML, Python, desain game, dan banyak lagi. Mereka juga menawarkan kursus ini dalam berbagai bahasa, sehingga dapat diakses oleh semua orang.

Sumber: https://makeawebsitehub.com/learn-to-code-for-free/

Leave a Reply