You are currently viewing Cara Membuat QR Code di Android

Cara Membuat QR Code di Android

Anda perlu membuat QR code untuk mempermudah berbagi teks, tautan web, atau informasi lainnya? Berikut cara membuatnya di ponsel Android Anda.

Kode Respon Cepat, atau singkatnya QR code, adalah pola yang dihasilkan secara digital yang digunakan untuk menyimpan informasi. Kode-kode ini mungkin tampak rumit untuk dibuat, tetapi sebenarnya tidak. Anda bahkan dapat membuatnya di ponsel Android Anda.

Ada banyak sekali aplikasi di Google Play yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan kode QR. Yang harus Anda lakukan adalah memilih kategori yang benar, memasukkan informasi yang diperlukan, dan membuat kode khusus Anda.

Jadi, mari kita lihat bagaimana Anda dapat membuat QR code di ponsel Android Anda menggunakan aplikasi dari Play Store.

Cara Membuat Kode QR di Android

QR code banyak digunakan untuk pembayaran digital, manajemen rantai pasokan, identifikasi pelanggan, dan banyak lagi. Teknologi ini adaptif dan dapat diperluas untuk berbagai tujuan menyenangkan lainnya . Anda dapat dengan mudah membuat kode QR dengan fitur yang Anda inginkan menggunakan aplikasi Android.

Proses pembuatan kode QR di sebagian besar aplikasi ini cukup mirip. Jadi, jangan ragu untuk mencoba aplikasi lain dengan peringkat bagus untuk menghasilkan kode Anda. Kita akan menggunakan aplikasi QR Code Generator gratis untuk panduan ini.

QR Code Generator dapat membantu Anda membuat kode khusus dengan bantuan lebih dari 500 template. Anda dapat membuat kode QR untuk tautan ke situs web, kartu kontak, kredensial Wi-Fi, dan akun sosial Anda, antara lain.

Unduh: QR Code Generator (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

Untuk menghasilkan kode QR, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi dan, di layar beranda, pilih jenis kode QR yang ingin Anda buat, seperti Teks, Situs Web, SMS, atau lainnya dari opsi.
  2. Setelah itu, berikan informasi yang diperlukan yang akan berisi kode Anda. Misalnya, hingga 150 karakter teks untuk Teks; URL situs web untuk Situs Web; rincian kontak seperti nama, nomor telepon, dan email untuk Kontak; dan nama jaringan Wi-Fi, jenis keamanan, dan kata sandi di bawah kategori Wi-Fi. Masih banyak lagi jenis yang ditawarkan. Cukup isi informasi yang diperlukan untuk jenis kode QR yang Anda perlukan, dan itu akan menghasilkan satu untuk Anda.
  3. Setelah informasi tersedia, ketuk Buat dan hanya itu. Aplikasi kemudian akan menghasilkan kode QR Anda.
Cara pembuatan QR Code: Foto/Makeuseof

Fitur tambahan pada aplikasi ini memungkinkan anda menghasilkan QR code dengan tampilan yang unik, seperti mengganti warna dan titik-titik kode nya. Dan juga anda dapat menambahkan logo di tengah-tengah kode QR, serta menambahkan deskripsi kode nya. Namun, beberapa template dan style text ini hanya bisa dipakai jika kita menggunakan versi premium, dimana kita harus berlangganan aplikasi.

Cara Membagikan QR Code

Setelah QR code anda dibuat, anda dapat dengan mudah membagikannya kepada orang lain. Anda bisa simpan itu sebagai file gambar atau dikirim sebagai tautan melalui daftar kontak yang sudah ada di HP anda, dan bahkan anda bisa langsung bagikan melalui email ataupun sosial media.

Beberapa kode, seperti kode Wi-Fi, tidak perlu dibagikan secara digital. Yang harus Anda lakukan adalah membuka file gambar kode QR di ponsel Anda dan orang lain dapat memindainya dari layar ponsel Anda untuk mengakses informasinya.

Pengertian QR Code dan jenis barcode lainnya dapat anda pelajari pada tautan berikut.

Sumber: https://www.makeuseof.com/create-a-qr-code-android/

Leave a Reply