You are currently viewing Layanan Komputasi Serverless AWS

Layanan Komputasi Serverless AWS

Jika pada pembahasan AWS sebelumnya banyak dibahas terkait EC2 dimana itu merupakan layanan server virtual dari AWS, jika kita ingin menjalankan aplikasi diatas EC2 instance, maka kita harus melakukan provision virtual server tersebut, upload code programmingnya, kemudian mengelola virtual server serta aplikasi yang berjalan diatasnya. Nah bagaimana jika kita ingin menjalankan aplikasi tanpa harus memiliki virtual server? Untuk melakukan hal tersebut AWS memiliki layanan yang disebut serverless computation.

Serverless Computing

Beberapa layanan serverless computing yang dimiliki AWS antara lain:

AWS Lambda

AWS Lambda merupakan layanan yang memungkinkan kita untuk menjalankan program tanpa harus memiliki virtual server. Dalam penggunaanya, kita hanya perlu membayar pada saat program tersebut dijalankan saja. Contoh penggunaan lambda adalah ketika ada suatu program yang menjalankan fungsi resize gambar otomatis yang ter-upload cloud AWS.

Cara Kerja AWS Lambda

Container

Container merupakan standar paket kode aplikasi dan juga dependensi nya yang dibungkus ke dalam suatu objek. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk menjalankan palikasi berbasis container adalah Docker. Container ini pula dapat dianalogikan sebagai host dari suatu aplikasi. Jika kita mengenal istilah virtualisasi, dimana ada suatu server fisik yang berfungsi sebagai host dan diatasnya berjalan beberapa server virtual. Pada container terdapat suatu docker engine yang diatasnya berjalan beberapa aplikasi.

Perbandingan Virtualisasi dan Container

Terdapat beberapa layanan container di AWS, antara lain:

Amazon Elastic Container Service (Amazon ECS)

Amazon Elastic Container Service (Amazon ECS) merupakan layanan manajemen container berbasis docker yang mempunyain performa tinggi dan memungkinkan kita menjalankan aplikasi berbasik container di cloud AWS. Dengan Amazon ECS, kita dapat melakukan pemanggilan API untuk menjalankan dan menghentikan aplikasi.

Amazon Elastic Kubernetes Service (Amazon EKS)

Amazon Elastic Kubernetes Service (Amazon EKS) merupakan layanan manage service yang bisa kita gunakan untuk menjalankan Kubernetes di AWS. Kubernetes merupakan software open-source yang memungkinkan kita untuk menerapkan dan mengelola aplikasi dalam kemas dalam skala besar. Komunitas besar sukarelawan mengelola Kubernetes, dan AWS secara aktif bekerja sama dengan komunitas Kubernetes. Saat fitur dan fungsionalitas baru dirilis untuk aplikasi Kubernetes, kita dapat dengan mudah menerapkan pembaruan ini ke aplikasi Anda yang dikelola oleh Amazon EKS.

AWS Fargate

AWS Fargate merupakan layanan AWS yang memungkinkan kita menjalankan layanan container AWS (ECS atau EKS) tanpa kita harus repot memiliki atau mengeloka virtual server (EC2 instance AWS). Singkatnya Fargate merupakan layanan PaaS (Platform as a Service) AWS untuk menjalankan aplikasi berbasis container dimana infrastruktur dibawahnya dikelola oleh AWS, dan pelanggan hanya tinggal fokus menjalankan aplikasinya di container.

Sumber:

https://www.aws.training

https://www.eginnovations.com/blog/containers-vs-vms/

Tinggalkan Balasan