You are currently viewing Pengaturan Jaringan di AWS

Pengaturan Jaringan di AWS

Untuk membangun suatu infrastruktur server baik itu on-premise data center ataupun cloud diperlukan pengaturan jaringan supaya server-server didalamnya bisa saling berkomunikasi dan juga bisa diakses oleh klien. Di AWS untuk melakukan pengaturan jaringan tersebut, kita bisa menggunakan VPC (Virtual Private Cloud). Amazon VPC (Virtual Private Cloud) adalah layanan virtual network, jaringan komputer virtual tersebut bermanfaat agar berbagai resource cloud kita di AWS yang ada di dalamnya seperti EC2 instance, RDS instance, Lambda Function dapat diisolasi dari internet dan dari berbagai customer AWS lain.

Beberapa komponen jaringan yang dapat diatur di dalam VPC, antara lain:

Subnet

Subnet adalah komponen VPC yang memungkinkan kita untuk membuat segmentasi jaringan di dalam VPC, segmentasi jaringan tersebut dapat berupa jaringan private ataupun public. Subnet public merupakan segmentasi jaringan yang dipakai oleh server supaya bisa diakses melalui internet, sedangkan subnet private merupakan segmentasi jaringan yang diperuntukan supaya server hanya bisa diakses melalui segmen internal.

Pembagian Subnet Pada VPC

Internet gateway

Internet gateway merupakan komponen jaringan yang bisa dipasang di VPC sehingga server di dalam VPC bisa diakses dari internet.

Arsitektur Internet Gateway VPC

Virtual Private Gateway

Virtual private gateway memungkinkan kita untuk membangun koneksi VPN (Virtual Private Network) antara VPC dengan jaringan private seperti halnya data center on-premise atau jaringan lokal kantor.

Arsitektur Virtual Private Gateway AWS

AWS Direct Connect

AWS Direct Connect merupakan layanan yang dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan data center on-premise atau jaringan lokal kantor dengan VPC AWS melalui jaringan dedicated (leased line). Koneksi menggunakan direct connect ini dapat mendukung koneksi yang lebih stabil dibandingkan dengan VPG, dimana VPG masih menggunakan VPN melalui koneksi internet yang sharing bandwidth.

Arsitektur Direct Connect Pada VPC

 Sumber:

https://www.aws.training

https://dojotek.id/apa-itu-amazon-vpc-virtual-private-cloud-network-dan-bagaimana-cara-membuatnya/

Tinggalkan Balasan