Pengertian DSL dan Fungsinya

Pengertian DSL
DSL (Singkatan dalam bahasa Inggris=Digital Subscriber Line) adalah teknologi akses yang menggunakan kabel untuk layanan broadband. Kabel pada DSL yang digunakan adalah kabel pada jaringan telepon. Dalam dunia Marketing telekomunikasi, Jenis DSL yang paling dikenal adalah ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line). ADSL adalah teknologi DSL yang umumnya digunakan untuk koneksi  internet. Untuk membangun suatu jaringan DSL dibutuhkan DSL modem disisi customer.

Bit Rate pada koneksi DSL secara downstream biasanya berkisar pada 256 kbps hingga 10 Mbps tergantung dari teknologi DSL yang digunakan, kondisi kabel, dan juga service-level implementation.

xDSL adalah singkatan umum untuk berbagai macam teknologi DSL yang ada. xDSL menunjukkan tipe dari teknologi DSL tersebut. Macam-macam Teknologi DSL contohnya adalah HDSL, ADSL,IDSL, SDSL, VDSL, dll. xDSL mampu untuk membawa informasi berupa suara maupun data (gambar atau video). Jadi Voice over DSL dan Data over DSL dapat dilakukan.

Bandwidth frekuensi pada xDSL tersedia secara dedicated alias no-share bandwidth. Bandwidth frekuensi pada xDSL terbagi menjadi dua jenis tergantung dari teknologi yang digunakan, yaitu;1. Band frekuensi rendah, diantara 0 hingga 4 kHz, untuk menyalurkan informasi suara (voice)2. Band frekuensi tinggi, diantara 38 KHz hingga 1,1 MHz, untuk menyalurkan informasi berupa data.

Kelebihan  DSL
Kelebihan dari penggunaan xDSL untuk layanan broadband adalah sebagai berikut:
1. Proses instalasi menggunakan infrastruktur (kabel pair) yang sudah ada (Exsisting)
2. Layanan dapat cepat dinikmati oleh customer bila sebelumnya sudah terdapat sambungan telepon di rumah/kantor customer
3. Tidak perlu melakukan upgradesentral/central seperti pada layanan ISDN, karena trafik pada DSL tidak melalui sentral
4. Layanan baru yang ditambahkan melalui jaringan telpon existing, tidak akan menggangu layanan telepon tersebut.
5. Memiliki kecepatan yang baik untuk layanan dedicated bagi seiap pelanggan (128 Kbps hingga 8Mbps).

Metode Modulasi DSL
Teknologi DSL menggunakan beberapa metode tranmission , disesuaikan dengan market, region, carrier, dan peralatan. Berikut di bawah ini adalah beberapa metode transmisi modulasi dari DSL.
1. DMT (Discrete Multitone Modulation) atau yang dikenal juga sebagai OFDM (Orthogonal frequency-division multiplexing)
2. TC-PAM (Trellis Coded Pulse Amplitude Modulation), yang digunakan pada HDSL2 dan SHDSL
3. CAP (Carrierless Amplitude Phase Modulation), digunakan pada HDSL
4.  2B1Q (Two-Binary, One-Quatenary), digunakan pada IDSL dan HDSL

Lalu apa Fungsi dari DSL?
Jadi fungsi dari DSL secara sederhana adalah mengkoneksikan komputer atau router ke jaringan telepon agar mendapatkan layanan internet atau yang lebih sering disebut sebagai DSL broadband. 


Sumber:
en.wikipedia.org
Materi jaman Kuliah..

This Post Has One Comment

Leave a Reply