You are currently viewing Mengenal Teknologi Cloud dan AWS

Mengenal Teknologi Cloud dan AWS

Pada postingan ini Eduidea akan mengenalkan teknologi cloud computing dan salah satu penyedia layanan cloud terbesar di dunia, yakni AWS. Sebelum masuk ke pembahasan cloud dan AWS, kita berkenalan dulu dengan teknologi client-server, karena pada dasarnya layanan-layanan teknologi yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti Gojek, Tokopedia, OVO, dll, mengadopsi model client-server.

Model Client-Server

Client dapat berupa web browser, aplikasi dekstop ataupun aplikasi mobile yang mengirimkan suatu permintaan ke server. Sebagai contoh client mengirim permintaan untuk artikel berita, skor game online atau video dari suatu web server. Web server kemudian akan melakukan evaluasi dan merespon permintaan tersebut untuk dikirimkan kepada client.

Dalam implementasi di dunia nyata, layanan client-server ini dibagi menjadi tiga model implementasi yakni:

1. Cloud-Based Deployment

Pada model cloud-based deployment, semua bagian dari aplikasi seperti halnya server, storage, database dan lain-lain dijalankan sepenuhnya di cloud, sehingga tidak ada yang ditempatkan di internal data center perusahaan.

2. On Premises Deployment

Pada model on-premises deployment atau banyak juga dikenal sebagai private cloud deployment, semua bagian dari aplikasi akan dijalankan di internal data center dimana semua bagian dari sistem dari mulai aplikasi dan infrastrukturnya di-manage oleh tim IT internal perusahaan

3. Hybrid Deployment

Pada model hybrid deployment, sebagian atau beberapa bagian dari aplikasi ada yang dijalankan di cloud dan ada juga yang dijalankan di internal data center perusahaan (on-premises), dimana pada implementasinya dilakukan integrasi antara cloud dan on-premise. Model implementasi ini biasanya dilakukan ketika suatu perusahaan masih memiliki resources dan aplikasi di data center, namun untuk pengembangan aplikasi kedepannya perusahaan mempertimbangkan untuk tidak melakukan pembelian sumber daya data center (server, storage, network) dengan alasan efesiensi biaya atau hal lainnya, sehingga untuk pengembangan aplikasi project baru akan ditempatkan di cloud.

Nah, AWS atau Amazon Web Service ini adalah layanan cloud computing yang menyediakan berbagai fitur IT supaya kita dapat menjalankan aplikasi di cloud tanpa harus memiliki sumber daya data center sendiri.

Logo AWS

Beberapa layanan yang disediakan oleh AWS antara lain layanan virtual server, penyimpanan data, keamanan jaringan, blockchain, machine learning, atau artificial intelligence, platform pengembangan robot dan masih banyak layanan lainnya.

Layanan Cloud AWS

Sumber:

https://www.aws.training

Tinggalkan Balasan