You are currently viewing Pengertian Sistem Kendali (Sistem Kontrol) dan Contoh Soal

Pengertian Sistem Kendali (Sistem Kontrol) dan Contoh Soal

Sistem Kendali adalah suatu alat atau kumpulan alat-alat yang berfungsi untuk mengendalikan dan mengatur suatu sistem kerja. Tujuan dari sistem kendali adalah untuk mempermudah suatu pekerjaan.  Sistem kendali dikenal juga sebagai sistem kontrol. Contoh Sitem kendali/sistem kontrol dalam keseharian kita adalah stang motor yang digunakan untuk mengendalikan arah dari melajunya kendaraan motor, contoh lainnya adalah AC (Air Conditioner) yang dapat mengendalikan suhu ruangan secara otomatis.

Macam-macam sistem kendali/kontrol sebenarnya tebagi menjadi 2 macam berdasarkan prosesnya yaitu, sistem kendali logika dan sistem kendali linear. Sistem kendali linear dapat dikatan pula sebagai sistem kendali analog sedangkan sistem kendali logika dapat dikatakan juga sebagai sistem kendali otomatis.

Sistem kendali analog atau konvensional artinya pengendalian sustu sistem dilakukan dengan bantuan secara langsung dari tangan manusia. Contoh sistem kendali sederhana secara analog ada pada stir mobil yang dapat mengendalikan posisi ban.

Sistem kendali otomastis atau digital artinya pengendalian sutu sistem dilakukan tanpa bantungan langsung dari tangan manusia. Contohnya pada AC yang dapat menyesuaikan suhu nya sesuai dengan yang kita inginkan.

Sistem Kendali ini sendiri merupakan salah satu Mata Pelajaran yang saya dapatkan pada Semester 5 di perkuliahan saya untuk Jurusan Teknik Telekomunikasi. Mata Pelajaran ini mencakup tentang Pemodelan suatu sistem, Fungsi transfer, Cara membuat diagram blok, State Variabel, Teori Laplace, Transien, juga mengenai Error Stabilitas.

Berikut dibawah ini saya berikan dua contoh soal dalam Mata pelajaran Sistem Kendali,

1. Buat Model matematis dari rangkaian listrik berikut:

2. Dengan memanfaatkan Hukum Newton, turunkan model matematis system mekanik berikut. Berikan penjelasan secukupnya tentang fenomenan yan terjadi

Jawaban:

1.  jawaban no 1:                                                         

Dari rangkaian didapat ex=0 dan I0=0 karena tidak ada arus yang mengalir di I0, maka,
I1=I à ei/R1 = -e0/R2Didapatkan Persamaan sebagai berikut: 

2. Jawaban no 2:

Dari Sistem mekanik di atas dengan menggunakan Hukum Newton didapatkan:

Dari gambar diatas menunjukkan sistem kendali untuk sebuah roda kecil yang berada di atas roda besar. Roda besar teresebut memiliki sistem suspensi dan gaya pegasnya bernilai k(u-y) dan terdapat juga gaya peredam yang akan juga mempengaruhi besarnya gerakkan yang akan dialami oleh roda kecil tersebut dengan nilai b(u-y)’.

Demikian Sedikit tentang Mata Pelajaran Sistem Kendali. Semoga menjadi tambahan Referensi bagi kalian yang sedang mempelajari Mata Pelajaran ini. 

Tinggalkan Balasan