Pengertian Indeks Bias dan Contoh Soal Index Bias

Indeks bias adalah perbandingan antara kecepatan cahaya dalam ruang hampa udara dibandingkan dengan kecepatan cahaya pada suatu medium. Alat untuk mengukur Indek bias disebut Refrakrometer.

Contoh indeks bias yang terjadi di keseharian kita adalah saat kita melihat permukaan kolam renang yang terlihat dangkal atau pensil yang terlihat bengkok saat berada di dalam gelas berisi air, hal ini disebabkan oleh terjadinya pembiasan cahaya.

Sifat dari indeks bias ini dipengaruhi oleh kecepatan cahaya. Seperti kita ketahui bahwa kecepatan cahaya di ruang hampa lebih cepat dari kecepatan cahaya di medium tertentu, sehingga nilai indek bias ini selalu lebih besar dari satu. Semakin tinggi nilai Indeks bias suatu medium maka semakin besar cahaya dibelokkan oleh medium tersebut. 

Jenis indeks bias ada dua yaitu indeks bias mutlak dan indeks bias reatif. Indeks bias mutlak adalah perbandingan antara kecepatan cahaya di ruang hampa (3×10^8) dibandingkan dengan kecepatan cahaya pada suatu medium. Sedangkan indeks bias relatif adalah perbandingan indeks bias mutlak dari dua buah medium. 

Rumus Indeks Bias Mutlak adalah sebagai berikut:

n = Indeks bias mutlak
c = Kecepatan cahaya di ruang hampa (3×108 m/s)
v = Kecepatan cahaya pada suatu medium

Rumus Indeks Bias Relatif adalah sebagai berikut:

n21 = indeks bias relatif medium 2 terhadap medium 1
V1 = Kecepatan cahaya pada medium 1
V2 = Kecepatan cahaya pada medium 2

Pengelompokkan atau macam-macam indeks bias ini sebenarnya dapat lebih luas bila dilihat dari mediumnya seperti pada serat optik terdapat indeks bias inti dan indeks bias selubung.

Di artikel kali ini penulis akan menunjukkan cara menghitung Indeks bias Inti dan Indeks bias selubung yang penulis dapatkan saat mengikuti mata kuliah Sistem Transmisi Telekomunikasi.

Contoh Soal Indeks Bias

Contoh soal indeks bias adalah sebagai berikut:

Suatu Serat Optik step indeks memiliki panjang 4 Km tanpa spesifikasi. Saat dilakukan pengecekkan dengan menjatuhkan seberkas cahaya yang tegak lurus dengan permukaan masukkan, didapatkan bahwa intensitas dipantulkan sebanyak 4,37%. Saat Cahaya keluar dari serat optic tersebut berkas cahaya menyebar membentuk kerucut dengan sudut puncak sebesar 37,680. Berapakah nilai indeks bias inti dan indeks bias selubung nya?

Cara Penyelesaian:

Maka nilai dari Index Bias Inti (n1) = 1,53, sedangkan nilai dari Index Bias Selubung (n2) < 1,49

Begitulah cara mengitung Indek bias Inti dan Indek bias selubung, Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang mempelajari Sistem Transmisi Telekomunikasi. 

Tinggalkan Balasan