Pengertian Jaringan GSM (Global System for Mobile Communication)

GSM (Kepanjangan dari Global System for Mobile Communication) adalah sebuah standar yang dikembangkan oleh European Telecommunications Standards Institute (ETSI) tentang generasi kedua sistem telekomunikasi  digital seluler. 

Sedangkan, Jaringan GSM adalah jaringan telekomunikasi generasi ke dua, dimana jaringan GSM menggunakan teknologi TDMA (Time Division Multiple Access) yang dapat melayani voice (suara) maupun data (SMS). Pada Jaringan GSM terdapat dua frekuensi yang digunakan yaitu 900MHz dan 1800MHz. Teknologi GSM merupakan teknologi wireless atau tanpa kabel akan tetapi kondisi tanpa kabel hanya terjadi antara MS dan BTS sedangkan di bagian lainnya menggunakan kabel.

Fungsi GSM adalah untuk memberikan standar dalam pengembangan jaringan telekomunikasi. GSM memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan jaringan lainnya seperti bila dibandingkan dengan EDGE kecepatan GSM lebih lambat dalam hal data. Sedangkan bila dibandingkan dengan HSDPA, GSM memiliki penyerapan daya batterai yang lebih sedikit dibandingkan HSDPA walaupun HSDPA memiliki kecepatan yang lebih tinggi. 

Cara Kerja GSM

Cara Kerja GSM bila dilihat dari Arsitekturnya maka dapat dibagi menjadi empat bagian yaitu:

1. Base Station Subsystem 
Pada Base Station Subsytem terdapat BTS dan BSC yang bertindak langsung dalam melayani (serve) user dengan menyediakan channel logical.

2. Network and Switching Subsytem 
Bagian dari Network and Switching SubSytem sebenarnya mirip dengan Fixed Network. Subsytem ini dikenal juga sebagai “Core network”.

3. GPRS Core Network
GPRS Core Network merupakan optional alis tidak wajib pada arsitektur jaringan GSM. Bagian ini bertugas untuk melewatkan paket dari koneksi internet.

4. Operation Support System (OSS)
OSS dikenal juga sebagai Network maintenance, dimana berfungsi untuk menjaga agar system jaringan tetap dalam kondisi yang baik. Bila ditemukan kurusakan atau kejanggalan dalam sistem makan OSS adalah sistem pertama yang mendeteksi hal tersebut.

Arsitektur Jaringan GSM

Contoh jaringan GSM adalah seperti pada gambar diatas. Di bawah ini terdapat penjelasan tentang Arsitektur Jaringan GSM yang merupakan bagian-bagian dalam sebuah Jaringan GSM.

MS (Mobile Station) adalah perangkat telekomunikasi yang digunakan oleh user/subscriber sebagai transceiver dalam berkomunikasi, seperti Handphone ataupun modem.

BTS (Base Transceiver Station) adalah perangkat telekomunikasi yang menyediakan sinyal bagi MS untuk dapat berkomunikasi secara wireless ataupun fasilitas lainnya yang disediakan operator (SMS, GPRS, EDGE/E-GPRS).

BSC (Base Station Controller) adalah perangkat telekomunikasi yang mengontrol beberapa BTS dan befungsi untuk mengontrol terjadinya Handover (perpindahan serving cell ke cell atau BTS lain) dan juga memberikan channel-channel logical untuk dapat digunakan MS dalam berkomunikasi baik voice maupun data.

PCU (Paket Control Unit) adalah perangkat telekomunikasi yang berada di dalam BSC yang mengcontrol layanan data, dengan PCU maka MS dapat menggunakan GPRS maupun E-GPRS/EDGE.

TCSM (Transcoder/Sub-Multiplexer) adalah penghubung antara BSC ke MGW yang berfungsi untuk mengkonversi channel traffic pada MSC.

MSS (Mobile Switching SubSystem) adalah subsystem yang terdiri dari MSC yang terhubung ke  VLR, HLR, Auc, dan EIR dimana MSS ini berfungsi sebagai signaling. MSC (Mobile Switching Center) sendri adalah perangkat telekomunikasi  yang mengontrol switching dari beberapa BSC. MSC mengontrol switching dalam proses layanan voice/CS (Circuit Switced) untuk c-plane (control plane)

MGW (Media Gateway) adalah perangkat telekomunkasi yang menangani layanan voice/CS untuk u-plane (user plane).

SGSN
 (Serving GPRS Support Node) adalah perangkat telekomunikasi yang menangani layanan  (SMS,GPRS, E-GPRS/EDGE) baik pada u-plane maupun c-plane.
Saat ini Jaringan GSM Indonesia dicover oleh operator Telkomsel, XL Axiata, H3i, dan Indosat Oredo. Jaringan GSM terbaik mungkin masih dimiliki oleh Telkomsel sebagai pemilik coverage jaringan terluas di Indonesia. 


Sumber
~ en.wikipedia.org
~ hasil belajar di kuliah + di kerjaan hehe..

Tinggalkan Balasan