You are currently viewing Perguruan Tinggi Swasta di Bandung Akreditasi A
Perguruan tinggi Swasta Akreditasi A

Perguruan Tinggi Swasta di Bandung Akreditasi A

Setelah membahas Perguruan Tinggi Negeri di kota Bandung Akreditasi A, kini kita akan membahas Perguruan tinggi swasta di Bandung yang memiliki akreditasi A.

Tercatat ada empat perguruan tinggi swasta di Bandung yang mendapatkan Akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Bandung sendiri memiliki lebih dari 200 perguruan tinggi terdiri dari Akademi, sekolah tinggi, Politeknik, Universitas, hingga Institut.

Berikut merupakan 4 perguruan tinggi swasta di Bandung yang mendapatkan akreditasi A.

1. Universitas Pasundan (UNPAS)

Gambar: unpas.ac.id

Universitas Pasundan didirikan pada tahun 1960 yang tak lepas dari campur tangan sebuah organisasi budaya Sunda, Paguyuban Pasundan.

Unpas memiliki 5 kampus di lokasi yang berbeda-beda, mulai dari Jalan Lengkong Besar No. 68 (Kampus I), Jalan Tamansari No. 6-8 (Kampus II), Jalan Wartawan IV No. 22 (Kampus III), Jalan Dr. Setiabudhi No. 193 (Kampus IV), dan Jalan Sumatra No. 41 (Kampus V).

Pada saat awal berdiri Unpas hanya memiliki dua fakultas saja yaitu Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP). Seiring berjalannya waktu Unpas kembali membuka beberapa fakultas dan kini memiliki 6 fakultas dengan 26 program studi.

Selain itu Unpas kini sudah memiliki 5 program studi pasca sarjana dan 2 program Doktor.

Berikut adalah 6 Fakultas yang berada di Unpas:

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  3. Fakultas Ekonomi,
  4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  5. Fakultas Ilmu Seni dan Sastra
  6. Fakultas Teknik,

2. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Gambar: unpar.ac.id

Universitas Katolik Parahyangan didirikan pada tahun 1955 dengan nama awal Akademi Perniagaan oleh dua pimpinan dari Gereja Katolik di Jawa Barat, mereka adalah Uskup Bandung Pierre Marin Arntz, O.S.C. dan Uskup Bogor Paternus Nicholas Joannes Cornelius Geise.

Unpar didirikan untuk menghasilkan ahli berpendidikan tinggi yang sangat dibutuhkan oleh Indonesia pasca kemerdekaan.

Nama Universitas Katolik parahyangan sendiri resmi digunakan sejak tahun 1961 sesuai undang-undang Nomor 22 tahun 1961 tentang perguruan tinggi.

Kini Unpar memiliki 7 fakultas dengan lebih dari 30 program studi. Untuk gedung perkuliahan Unpar memiliki 4 kampus yang terletak di lokasi yang berbeda dengan kampus utama Unpar beralamat di Jalan Ciumbuleuit..

Berikut adalah 7 Fakultas yang berada di Unpar:

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  4. Fakultas Teknik
  5. Fakultas Filsafat
  6. Fakultas Teknologi Industri
  7. Fakultas Teknologi Informasi dan Sains

3. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Gambar: Edutore.com

Universitas Islam Bandung didirikan pada tahun 1958 dengan nama awal Perguruan Islam Tinggi. Unpas saat itu didirikan oleh sejumlah tokoh Islam Jawa Barat bersama beberapa Ulama yang menginginkan perguruan tinggi bernafaskan Islam yang mampu melahirkan intelektual muslim.

Pada tahun 1967 Unisba berganti nama menjadi Universitas Islam Bandung lalu sejak 1972 segala aktifitas universitas berada di satu lokasi yaitu di Jalan Tamansari No.1 Bandung yang disediakan oleh Pemerintah Daerah Kotamadya Bandung.

Unisba kini memiliki 10 fakultas dengan 18 program studi dan 4 profesi. Selain itu, Unpas memiliki 8 program studi Magister dan satu program Studi Doktoral

Berikut adalah 10 fakultas yang berada di Unisba:

  1. Fakultas Syari’ah
  2. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  3. Fakultas Dakwah
  4. Fakultas Hukum
  5. Fakultas Psikologi
  6. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  7. Fakultas Teknik
  8. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  9. Fakultas Ilmu Komunikasi
  10. Fakultas Kedokteran

4. Telkom University (Tel-U)

Gambar: ayobandung.com


Telkom University merupakan penggabungan dari 4 perguruan tinggi milik PT Telkom yaitu, Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Tel-U bisa dikatakan berawal dari tahun 1999 ketika berdirinya STT Telkom yang merupakan cikal bakal dari Tel-U saat ini. Saat itu direktur utama Pt Telkom Ir Cacuk Sudarjianto memprakarsai berdirinya dua universita yaitu Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom) dan Sekolah Tinggi Manajemen dan Bisnis Telkom (STMB Telkom).

Kedua sekolah tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki kekhususan pendidikan dalam bidang industri pertelekomunikasian serta teknologi informasi.

Kini Tel-U telah semakin berkembang terlebih sejak tahun 2013 saat terjadi penggabungan beberapa perguruan tinggi milik Telkom. Dalam penyelenggraaan perkuliahan Tel-U kini memiliki 7 fakultas dengan 27 program studi.

Berikut adalah 7 fakultas yang berada di Tel-U,

  1. Fakultas Teknik Elektro (FTE)
  2. Fakultas Rekayasa Industri (FRI)
  3. Fakultas Informatika (FIF)
  4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
  5. Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB)
  6. Fakultas Industri Kreatif (FIK)
  7. Fakultas Ilmu Terapan (FIT)

Demikian 4 perguruan tinggi swasta di Bandung yang mendapatkan akreditasi A, semoga bisa menambah informasi bagi kalian khususnya yang sedang mencari perguruan tinggi di Bandung untuk melanjutkan pendidikan.



Referensi:
Wikipedia.org
https://telkomuniversity.ac.id/
https://www.unisba.ac.id/
http://unpar.ac.id/
http://www.unpas.ac.id/

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan