You are currently viewing Perbedaan HMI dan SCADA | Human Machine Interface

Perbedaan HMI dan SCADA | Human Machine Interface

HMI adalah singkatan dari Human Machine Interface, selain itu dikenal juga dengan nama Man-machine Interface (MMI).

HMI adalah suatu perangkat yang mampu menterjemahkan “interaksi” antara manusia dan mesin. HMI yang bisa dikatakan sebagai penghubung atau interface antara manusia dan mesin ini dapat terdiri dari hardware dan juga sofware dimana user dapat memberikan perintah untuk dijalanakan oleh mesin.

Human Machine interface ini telah banyak digunakan di berbagai bidang seperi bidang elektronik, entertainment, militer, kesehatan, dan masih banyak lagi.

HMI membantu manusia untuk mempermudah pengoperasian suatu perangkat yang rumit menjadi lebih mudah. HMI biasanya terdiri dari hardware kecil  yang mempermudah sebuah pekerjaan seperti sebuah layar touch screen, tombol, atau keypad.

Lalu apa kelebihan HMI?

Hal yang paling menonjol dari HMI adalah fungsinya yang langsung memonitor kondisi produksi atau disebut line of sight. Lalu fungsi alarm pada HMI pun bisa dikatakan sebagai nilai lebih dari sistem ini.

Dengan kita yang dapat memonitor langsung kondisi mesin dan juga terdapat peringatan berupa alarm bila terjadi hal yang tidak diinginkan membuat HMI sangat berguna untuk perindustrian.

Cara kerja HMI ini dapat mengurangi downtime dan juga memberikan efisiensi yang lebih untuk proses kerja sebuah industri.

HMI memberikan kemudahan pada manusia untuk mengugnakan sebuah mesin, tak perlu lagi bergerak kiri-kanan untuk mengaktifkan tombol, atau mengecek atas-bawah untuk memastikan kesiapan mesin. Semua dapat terlihat pada HMI dan user hanya perlu mengendalikan HMI untuk mengkontrol sebuah mesin

Apakah HMI bisa semakin berkembang?

Dengan kemajuan teknologi yang semakin modern, HMI dapat meningkatkan kualitasnya bila dapat terkoneksi dengan internet sesuai dengan era industri saat ini yang menuju industri 4.0 dengan IoT (Internet of Things) yang sangat dominan.

Internet sudah menjadi bagian hidup bagi negara-negara maju saat ini. Dengan adanya internet ini HMI dapat menjadi lebih efektif bila user dapat mengaplikasikannya dalam smartphone atau tablet mereka.

Di sisi lain, HMI dapat meng-upload setiap data ke dalam cloud agar dimana pun user berada kondisi mesin dapat tetap terkontrol dan termonitor.

Lalu Apa perbedaan antara HMI dan SCADA ?

Bisa dikatakan HMI dan SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) memiliki kemiripan karena sama-sama dapat mengontrol dan memonitor sebuah mesin.

Akan tetapi SCADA lebih difungsikan untuk pengontrolan jarak jauh, sedangkan HMI merupakan bagian yang langsung berdekatan dengan mesin.

SCADA memiliki kelebihan dari hal pengontrolan jarak jauh akan tetapi HMI memiliki kelebihan dari fitur yang lebih lengkap karena langsung terhubung dengan sebuah mesin yang artinya HMI mengontrol dan memonitor secara real-time sedangkan SCADA memiliki sedikit delay.

Tentu kedua teknologi ini sama-sama berguna dalam sebuah industri tergantung dari kebutuhan industri tersebut.

Namun bila HMI dapat terhubung dengan Internet maka bisa dikatakan HMI akan menjadi lebih efisien dibandingkan dengan SCADA.

 

Referensi:
https://www.machinedesign.com
https://www.techopedia.com

Tinggalkan Balasan