Ringkasan Buku The Subtle Art of Not Giving a F*ck Bab 8

Ringkasan Buku The Subtle Art of Not Giving a F*ck Bab 8

Menghindari penolakan (baik memberi atau menerima penolakan) sering ditawarkan kepada kita sebagai jalan untuk membuat diri kita merasa lebih baik. Tetapi menghindari penolakan memberi kita kenikmatan sesaat yang membuat kita tanpa kemudi dan tanpa arah dalam jangka panjang.

Untuk sungguh mengapresiasi sesuatu. Anda harus membatasi diri Anda sendiri. Ada tingkat kegimbiraan dan makna tertentu yang akan Anda raih dalam kehidupan, hanya jika Anda menghabiskan puluhan tahun membina satu hubungan tunggal, satu karya tunggal, satu karier tunggal. Dan Anda tidak bisa mencapai investasi tahunan itu tanpa menolak alternatif yang ada.

Keinginan untuk menghindari penolakan dengan cara apa pun, untuk menghindari konfrontasi dan konflik, keinginan untuk berusaha menerima apa pun secara seimbang dan untuk membuat semua hal berpadu dan harmponis, merupakan bentuk keegoisan yang dalam dan bahas.

Kejujuran adalah kerinduan manusia yang alami. Tetapi kejujuran menuntut sebagian dari diri kita untuk tetap merasa nyaman saat mengatakan dan mendengar kata “tidak”. Dengan cara ini, penolakan sesungguhnya membuat hubungan kita lebih baik dan kehidupan emosional kita lebih sehat.

Dalam sebagian besar sejarah manusia, cinta yang romantis tidak dirayakan seperti saat ini. Kenyataannya, hingga pertengahan abad 19, cinta dilihat sebagai sesuatu yang tidak penting dan berpotensi memberikan hambatan psikologis yang membahayakan perkara-perkara yang penting dalam kehidupan.

Masalahnya adalah kita tahu bahwa cinta romantis memang mirip kokain. Menakutkan seperti kokain. Merangsang bagian otak yang sama seperti kokain. Memberi Anda kenikmatan dan membuat Anda merasa tenang sementara, tetapi juga meninggalkan banyak masalah untuk diselesaikan, seperti kokain.

Sebagian besar elemen cinta romantis yang kita kejar-tampilan kemesraan yang dramatis sekaligus emosional, penuh momen naik turun bahkan jungkir balik-bukanlah tampilan cinta yang sehat dan asli. Kenyataanya, cinta tersebut sering kali hanyalah bentuk lain dari kegiatan yang sedang disandiwarakan dalam hubungan antar manusia.

Kenyataannya adalah, ada bentuk cinta yang sehat dan yang tidak sehat. Cinya yang tidak sehat berdasar pada 2 orang yang berusaha lari dari masalah mereka melalui emosi yang saling mereka berikan-dengan kata lain, mereka menggunakan pasangannya sebagai sebuah jalan keluar.

Perbedaan antara sebuah hubungan yang sehat dan tdak sehat mengurucut pada dua hal: 1) Seberapa baik setiap orang dalam hubungan tersebut menerima tanggung jawab, dan 2)kesediaan dari setiap orang untuk baik menolak maupun ditolak pasangannya.

Batasan adalah pengaturan tegas tentang tanggung jawab 2 orang tersebut atas masalah mereka masing-masing. Orang-orang dalam hubungan yang sehat dengan batasan yang kuat akan mengambil tanggung jawab atas nilai-nilai dan masalah mereka sendiri, dan tidak akan mengambil tanggung jawab atas nilai dan masalah pasangan mereka.

Tanda sebuah hubungan yang tidak sehat adalah dua orang yang mencoba memecahkan masalah orang lain agar diri mereka sendiri merasa baik.

Kepercayaan adalah bahan baku yang paling penting dalam segala jenis hubungan. Alasannya sederhana, tanpa kepercayaan suatu hubungan sesungguhnya tidak berarti apa pun.

Inilah mengapa perselingkuhan berpotensi sangat menghancurkan. Ini bukan soal seks. Ini soal kepercayaan yang telah dihancurkan karena seks. Perselingkuhan disebabkan adanya sesuatu yang lebih penting ketimbang hubungan yang mereka miliki. Bisa saja kekuasaan terhadap pasangan lain.

Faktor lain untuk mendapatkan kembali kepercayaan setelah hancur sangatlah gampang: rekam jejak. Jika seseorang mengkhianati kepercayaan Andam janji-janjinya memang terdengar manis; namun kemudian Anda perlu juga untuk mengikuti perubahan perilakunya dalam rekam jejak yang konsisten.

Sayangnya untuk membangun rekam jejak kepercayaan diperlukan waktu-tentu akan dibutuhkan waktu yang butuh lebih lama dibandingkan merusak kepercayaan tersebut. dan selama periode membangun kepercayaan itu, hal-hal tampak agak kacau. Jadi, kedua orang dalam hubungan tersebut harus menyadari perjuangan yang mereka pilih untuk dijalani.

Ketika kepercayaan dihancurkan,  ini dapat dibangun kembali jika terjadi dua hal berikut: 1) penghancur kepercayaan mengakui bahwa ada beberapa nilai yang mengakibatkan hancurnya suatu kepercayaan dan itu adalah nilai-nilai yang mereka miliki. Dan 2) penghancur kepercayaan membangun sebuah rekam jejak yang solid dan perilaku yang menjadi semakin baik dari wkatu ke waktu.

Kepercayaan seumpama piring atau terakota Cina. Sekali Anda merusaknya, dengan perhatian dan kasih saying. Anda dapat menyatukan pecahan-pecahannya kembali. Tetapi begitu Anda merusaknya untuk yang kedua kali, kepingannya akan menjadi lebih banyak dan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk menyatukan pecahan-pecahan itu kembali.

Komitmen memberi Anda kebebasan karena perhatian Anda tidak lagi teralihkan oleh hal-hal yang tidak penting dan tidak karuan. Komitmen memberi Anda kebebasan karena ini mengasah perhatian dan fokus Anda, mengarahkannya kepada apa yang paling efisien untuk membuat Anda sehat dan bahagia. Komitmen membuat pembuatan keputusan lebih mudah dan menghilangkan setiap ketakutan akan kehilangan; mengetahui bahwa apa yang sudah anda miliki tidak cukup baik. Mengapa Anda bahkan stress mengejar sesuatu yang lebih, lebih, lebih lagi. Komitmen mengizikan Anda untuk secara sadar berfokus pada sedikit sasaran yang sangat penting dan mencapai derajat kesuksesan yang lebih tinggi ketimbang mereka yang menghindari koitmen.

Dengan cara ini, penolakan terhadap beberapa alteranif memberi kita-penolakan terhadap hal-hal yang tidak selaras dengan nilai kita yang paling penting, dengan ukuran yang kita pilih, penolakan terhadap pengejaran yang konstan terhadap luasnya pengalaman dan bukan dalamnnya pengalaman.

Keluasan pengalaman, sepertinya penting dan diinginkan ketika Anda masih muda-karena itu, anda harus ke luar sana dan menemukan apa yang tampaknya layak untuk dicapai. Namun kedalaman pengalaman adalah letak emas terkubur. Dan Anda harus tetap berkomitmen terhadap sesuatu dan terus menggalinya, itulah hubungan yang sejati, dalam karier, dalam membangun gaya hidup yang luar biasa-dalam apa pun juga.

Leave a Reply